Pos Lintas Batas Mulai Dilirik Negara Tetangga
Pengunjung berfoto di depan tugu Garuda Indonesia di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Skouw di Jayapura, Papua, Selasa - ANT/M Agung Rajasa
Merauke: Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto kagum dengan perkembangan infrastruktur di perbatasan. Pos lintas batas yang dulu kumuh kini sangat membanggakan.

Wiranto bercerita dulu pos lintas batas Indonesia terlihat kumuh dan kalah mentereng ketimbang pos lintas batas negara tetangga. Presiden Joko Widodo pun memerintahkan agar pos lintas batas yang kumuh itu dibongkar.

Presiden juga meminta pemerintah terkait membangun kawasan perbatasan. Hasilnya, pelan-pelan mulai terlihat. Wiranto menyebut sarana dan prasaran transportasi di perbatasan mulai dinikmati masyarakat.


"Jalan-jalan tembus wilayah perbatasan itu sudah banyak sekali, belum lagi adanya pembangunan pos lintas batas yang dulunya kumuh, katakanlah tidak membanggakan, menyedihkan, sekarang sudah menjadi satu pos lintas batas yang membanggakan karena lebih bagus dari seberang," kata Wiranto saat menghadiri acara pencanangan Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan (Gerbangdutas) 2018 di Merauke, melalui keterangan pers yang diterima, Selasa, 17 April 2018.

(Baca juga: Jokowi: Banyak Turis Selfie di Pos Lintas Batas Kita)

Wiranto menyebut pos lintas batas ini bahkan menarik perhatian masyarakat negara tetangga. Hal ini menjadi kebanggan nasional buat masyarakat perbatasan.

"Mereka merasa bangga karena ketika ditanya kamu dari negara mana, maka dengan bangga mereka mengatakan aku orang Indonesia karena secara fisik membanggakan," kata mantan Ketua Umum Partai Hanura itu.

Tak hanya itu, masyarakat di perbatasan kini merasa diperhatikan pemerintah pusat. Pembangunan itu tak lagi membuat masyarakat perbatasan merasa terasing.

"Ini saya kira sesuatu yang sangat penting bagi masyarakat. Bukan aksi-aksian, bukan sekadar demonstrasi, tapi memberikan kontribusi yang akibat, dampak, dan hasilnya itu untuk membuat negeri ini lebih bangga lagi," jelas Wiranto.

(Baca juga: 7 Pos Lintas Batas Negara Rampung Dibangun)
 



(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id