Ramjan, 49, warga Jakarta Timur, rela menunggu Ahok di depan Mako Brimob, Depok, sejak semalam. Foto-foto: Medcom.id/Yona Hukmana
Ramjan, 49, warga Jakarta Timur, rela menunggu Ahok di depan Mako Brimob, Depok, sejak semalam. Foto-foto: Medcom.id/Yona Hukmana

Menanti Sosok Ahok di Gerbang Mako Brimob

Nasional ahok
Siti Yona Hukmana • 24 Januari 2019 11:30
Depok: Ramjan, 49, warga Rawabunga, Jatinegara, Jakarta Timur, mendatangi markas Komando Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. Ia mengaku ingin bertemu Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok yang menghirup udara bebas hari ini.
 
"Saya ingin bertemu Ahok karena dia sosok yang paling membekas di hati saya," kata Ramjan di depan Mako Brimob, Kamis, 24 Januari 2019.
 
Ramjan mengaku datang ke Depok menggunakan kereta dan angkutan umum. Ia sudah berada di depan Mako sejak tadi malam sekitar pukul 01.30 WIB.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ramjan membeberkan kenangannya bersama Ahok. Ia pertama kali bertemu Ahok di balai kota DKI Jakarta saat Ahok menjabat sebagai gubernur DKI.
 
Baca: Ahok Dipastikan Sudah Keluar Mako Brimob
 
"Saat itu saya menyampaikan aspirasi. Memperjuangkan UU Nomor 8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Langsung diterima sama Ahok," kata Ramjan.
 
Ia mengatakan Ahok orang yang transparan dan akuntabel. Berani membela rakyat meski banyak orang yang tidak menyukainya.
 
"Figur yang aku sukai. Sering ketemu. Kenal baik sama saya. Saat di rumah di Menteng, di balai kota, dan saat mencalonkan menjadi gubernur, dia memperjuangkan rakyat," katanya.

Ramai sejak semalam
 
Sejak semalam jalan raya di depan Mako Brimob, terpantau ramai. Puncaknya terjadi pada pukul 07.42 WIB. Massa pendukung Ahok terlihat menunggu. Mereka menanti keluarnya Ahok. Namun, hingga siang, sosok Ahok tak kunjung terlihat.
 
Alex, pedagang yang biasa mangkal di depan Mako Brimob, mengatakan pada hari biasa jalan raya di depan Mako Brimob ramai lancar. "Iya, tidak seperti biasa. Hari ini padat," ujarnya.
 
Baca: Ahok Disebut Keluar Mako Brimob Sejak Pagi
 
Pantauan Medcom.id ada sekitar 10 mobil polisi masuk ke dalam mako pagi tadi. Lalu lalang mobil besar itu turut memadati jalan.
 
Ahok telah menjalani hukuman 1 tahun 8 bulan sejak masuk penjara pada 9 Mei 2017. Ahok dihukum dua tahun kurungan penjara terkait penistaan agama tentang penyebutan salah satu surat dalam Alquran. Perkara yang dihadapi Ahok ini muncul ketika dia sedang mengikuti Pemilihan Gubernur DKI pada 2017.
 
Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM telah memberikan remisi sebanyak tiga bulan 15 hari sepanjang Ahok menjalani hukuman. Ahok ditahan di rumah tahanan (rutan) Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat sejak 9 Mei 2017. Dia merupakan tahanan titipan dari Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Cipinang, Jakarta Timur.
 

 

(UWA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi