JK Pamer Upaya Pemerintah Mereformasi Birokrasi
Wakil Presiden Jusuf Kalla - foto: Tim Media Wapres.
Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri International Public Service Forum 2018 di JCC Senayan, Jakarta. Dalam sambutannya JK bercerita tentang upaya pemerintah mereformasi birokrasi.

"Ada hal yang selalu dikatakan bahwa birokrasi itu sulit, lambat, dan sebagainya. Oleh karena itu perlu perubahan-perubahan," kata JK di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Rabu, 7 November 2018.

Pemerintah pun membentuk Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Kementerian ini membentuk ulang birokrasi Indonesia yang terkenal lelet dan rumit.


Sejak pembentukan kementerian itu, pelayanan birokrasi di Indonesia mulai berubah. Dulu, kata Kalla, birokrasi selalu mendahulukan prosedur ketimbang hasil. 

"Berbeda dengan pengusaha, mendahulukan hasil, prosedur dapat diubah dengan mudah," kata Kalla.

Berkaca dari hal itu, muncul program entrepreneur birokrasi. Program ini, kata Kalla, membuat hasil dan prosedur dapat diutamakan dalam pelayanan kepada masyarakat.

"Sehingga birokrasi itu menjadi cepat, bersih. Dan tentunya mempunyai hasil yang cepat sama dengan yang dijalankan entrepreneur," jelas Kalla.

(Baca juga: Cara KSP Pompa Kinerja Birokrasi)

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Sjafruddin menyebut ada banyak inovasi yang diadopsi birokrasi di Indonesia. Kalla mengapresiasi hal itu. Kata dia, inovasi itu membuat pelayanan terhadap masyarakat lebih cepat dan mudah.

"Karena dalam era seperti ini, era di mana teknologi semakin baik seperti diuraikan tadi, maka layanan juga bisa lebih cepat lagi dan lebih baik," jelas Kalla.

Beberapa waktu lalu, pemerintah sempat memberlakukan layanan satu atap untuk mempermudah birokrasi. Sekarang, pemerintah memiliki inovasi dengan membuat mall pelayanan. 

"Sebenarnya mempunyai upaya yang sama bagaimana menyinergikan layanan-layanan itu sehingga layanan dapat cepat dan berhasil, berdaya guna yang baik," pungkas Kalla.





(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id