Sunanto Diyakini Bisa Menjaga Khittah Muhammadiyah
Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah Sunanto/Foto: Istimewa
Jakarta: Sunanto alias Cak Nanto terpilih menjadi Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah. Sekjen Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni menilai Sunanto bisa menjaga khittah organisasi massa Islam itu.

"Kemenangan 'kubu kultural' di Muhammadiyah yang selama ini berusaha menjaga agar Muhammadiyah tetap berdiri pada khittah Muhammadiyah," kata Antoni melalui keterangan tertulis, Kamis, 29 November 2018.

Menurut Antoni, Muhammadiyah merupakan gerakan dakwah yang menjaga jarak dengan politik. Termasuk, dengan partai politik dan kandidat yang berkompetisi.


"Pernyataan Cak Nanto setelah terpilih menunjukkan ia seperti halnya Pak Haedar Nashir, Ketum PP Muhammadiyah, akan menjaga Muhammadiyah dari intervensi kepentingan politik," jelas dia.

Antoni juga menyoroti jebloknya suara kandidat lain, yakni Ahmad Fanani. Ahmad Fanani yang diusung mantan Ketua PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Ahzar Simanjuntak nyatanya tidak bisa meraih suara signifikan.

"Ini adalah hukuman bagi Dahnil Simanjuntak yang mengendarai Pemuda Muhammadiyah secara ugal-ugalan. Menyeret-nyeret Pemuda Muhammadiyah ke lingkaran politik praktis untuk kepentingan personal dirinya," ucap dia.

Baca: Pemuda Muhammadiyah Jaga Netralitas di Pilpres

Muktamar ke-XVII Pemuda Muhammadiyah memberikan mandat kepada Sunanto menjadi ketua umum pengurus pusat. Sunanto menyingkirkan dua nama lain yang juga maju dalam pemilihan ketua umum.

Sunanto bersaing dengan Ahmad Fanani dan Ahmad Kabin. Andi Fajar Asti, Faisal, dan Muhammad Sukron tetap diikutkan meski sudah mengundurkan diri. Mereka pada awalnya sudah menyanggupi maju pada pemilihan ketua umum.

Sunanto mendapatkan 590 suara dari total 1.196 pemilik hak suara di acara muktamar. Sedangkan Ahmad Labib mendapat 292 suara, Ahmad Fanani 266, Andi Fajar 0, Faizal 2, dan Sukron 2.

Ketua Hikmah dan Hubungan Antar Lembaga PP Pemuda Muhammadiyah periode 2014-2018 itu resmi menjabat Ketum Pemuda Muhammadiyah periode 2018-2022. Sunanto menggantikan Dahnil Anzar Simanjuntak yang habis masa jabatannya.



(OJE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id