Mayjen (Mar) Hartono (kiri) dan Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) Brigjen Maruli Simanjuntak melakukan salam komando usai acara sertijab Danpaspampres di Markas Komando Paspampres, Jakarta, Rabu (19/12)--MI/PIUS ERLANGGA
Mayjen (Mar) Hartono (kiri) dan Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) Brigjen Maruli Simanjuntak melakukan salam komando usai acara sertijab Danpaspampres di Markas Komando Paspampres, Jakarta, Rabu (19/12)--MI/PIUS ERLANGGA

Maruli Simanjuntak Resmi Jabat Danpaspampres

Nasional paspampres
Rudy Polycarpus • 19 Desember 2018 11:59
Jakarta: Brigjen Maruli Simanjuntak resmi menjabat sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden. Maruli menggantikan Mayor Jenderal (Mar) Suhartono M Tr (Han), yang akan menjabat Komandan Korps Marinir TNI Angkatan Laut.
 
Upacara serah terima jabatan digelar di Lapangan Hitam Markas Komando Paspampres, Jakarta, Rabu, 18 Desember 2018. Upacara dipimpin Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.
 
Tampak juga KSAD TNI Jenderal Andika Perkasa, KSAU TNI Marsekal Yuyu Sutisna, KSAL TNI Laksamana Siwi Sukma Adji dan Ketua DPR Bambang Soesatyo.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam sambutannya, Hadi mengatakan rotasi di tubuh TNI merupakan keniscayaan sebagai bentuk regenerasi dan pembinaan organisasi.
 
"Diharapkan kualitas dan kapasitas personil serta satuan semakin meningkat kita harus menyadari bahwa peningkatan tersebut sangat dibutuhkan dalam rangka melaksanakan tugas terutama menghadapi spektrum ancaman yang semakin kompleks," tandasnya.

Ia juga meminta personel Paspampres senantiasa meningkatkan kapasitas dan kewaspadaan karena ancaman bisa datang kapan saja.
 
Tidak hanya sebagai perisai hidup bagi presiden, Hadi berharap keberadaan Paspampres juga dapat menjadi etalase simbol negara di mata dunia internasional.
 
"Setiap langkah dan tindakan yang diambil memiliki nilai-nilai multi dimensional, saudara adalah perisai dan etalase simbol negara dan simbol pemerintahan. Di balik kesiapsiagaan dan kewaspadaan, saudara-saudara dituntut untuk santun ramah sekaligus tegas dan tidak ragu-ragu," kata Hadi.
 
Di lingkungan Paspampres, Maruli bukan orang baru. Sejak 2014, ia sudah dipercaya sebagai Komandan Grup A Paspampres yang khusus mengawal Presiden Joko Widodo pada awal jabatannya. Setelah itu, ia menjabat Danrem 074/Warastratama Surakarta. Dari Solo, ia kemudian diangkat menjadi Wadanpaspampres pada 2017.
 

(YDH)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif