Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus korona, Achmad Yurianto. Medcom.id
Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus korona, Achmad Yurianto. Medcom.id

Gugus Tugas: Pasar Paling Rawan Penularan Covid-19

Nasional Virus Korona PSBB New Normal
Fachri Audhia Hafiez • 28 Juni 2020 17:49
Jakarta: Juru bicara pemerintah untuk penanganan covid-19, Achmad Yurianto, mengingatkan pasar merupakan lokasi paling rawan penularan virus korona (covid-19). Masyarakat diminta memperhatikan protokol kesehatan di pasar.
 
"Pasar ini adalah satu tempat yang paling rawan untuk terjadinya penularan. Oleh karena itu pasti gugus tugas daerah akan melakukan pengaturan," kata Yuri di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jalan Pramuka, Matraman, Jakarta Timur, Minggu, 28 Juni 2020.
 
Semua pengunjung maupun pedagang pasar diharapkan memaklumi aturan protokol kesehatan di kawasan pasar. Hal tersebut untuk menekan penularan covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(Baca: Anies: Pengendalian Covid-19 di Pasar Kompleks)
 
Masyarakat juga diimbau memperhatikan protokol kesehatan di tempat kerja. Yuri menegaskan physical distancing atau menjaga jarak harus tetap terlaksana saat beraktivitas di kantor.
 
"Pastikan sekalipun sudah berada di kantor tetap menggunakan masker dengan benar," ujar Yuri.
 
Yuri menuturkan rumah atau warung makan juga menjadi lokasi yang disorot gugus tugas. Yuri meminta masyarakat memperhatikan suasana ramai saat makan siang.
 
Masyarakat dikhawatirkan kurang memperhatikan protokol kesehatan saat suasana ramai. "Ingat apabila saudara yang aktif bekerja yang kemudian terinfeksi, saat pulang berada di tengah-tengah keluarga maka sangat mungkin kontak dengan anggota keluarga yang lain. Anak-anak dan saudara-saudara, dan orang tua kita akan sangat memungkinkan terjadinya penularan," tegas Yuri.
 

(REN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif