SMU Sumut Sabet Lima Besar Penelitian NASA

Intan Yunelia 08 Desember 2018 07:56 WIB
penelitian
SMU Sumut Sabet Lima Besar Penelitian NASA
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal.
Jakarta: Siswa Sekolah Menengah Umum (SMU) Chandra Kumala di Sumatera Utara (Sumut) menorehkan prestasi tak biasa. Mereka masuk lima besar dalam penelitian tingkat nasional di National Aeronautics and Space Administration (NASA).

"Keberhasilan meraih juara lima besar dalam  penelitian di NASA atau Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat itu sungguh mengagumkan," kata Wakil Gubernur Sumateran Utara, Musa Rajeksyah seperti dilansir Antara, Sabtu, 8 Desember 2018.

SMU Chandara Kumala, lanjut dia, telah mengalahkan SMU yang ada dari berbagai belahan dunia. Untuk itulah prestasi ini patut diacungi jempol. 


"Siswa SMU Chandra Kumala itu mengharumkan nama Sumut bahkan Indonesia karena menang dalam perlombaan tingkat internasional," ujar Musa.

Penelitian yang mereka lakukan adalah mengamati pertumbuhan Slime Mold. Adapun yang membuatnya berbeda adalah dengan disuguhi 3D Maze.

Musa menuturkan, hal ini semakin memperkuat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut untuk memberikan beasiswa kepada siswanya yang berprestasi. Terutama untuk beasiswa belajar ke luar negeri.

"Program beasiswa ke luar negeri itu sudah dibahas dengan Pemerintah Rusia saat melakukan lawatan ke negara itu dan mendapat respon positif," papar Musa.

Syaratnya, siswa tersebut akan diwajibkan mengabdi kepada Pemprov Sumut. Setelah dua tahun, siswa tersebut baru bisa mencari pekerjaan yang lain.

"Tidak sedikit pemuda-pemudi yang sudah berhasil memilih mengabdi ke negara lain. Itu terjadi karena tidak adanya perhatian dari pemerintah," pungkas dia.



(SCI)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id