Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita--Medcom.id/Candra Yuri Nuralam..
Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita--Medcom.id/Candra Yuri Nuralam..

Perbedaan Tiga Program Bantuan Sosial

Nasional mensos
Candra Yuri Nuralam • 02 Mei 2019 14:19
Jakarta: Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita memastikan tiga program bantuan sosial, meliputi program keluarga harapan (PKH), program bantuan pangan non-tunai (BPNT), dan kartu sembako murah, memiliki perbedaan mendasar. Sebab, pengkajiannya pun berbeda.
 
"Kalau BPNT itu tidak pakai kondisionalitas, yang penting dia miskin. Kalau sembako murah cenderung tidak ada kondisionalitas, kondisionalitas hanya ada di PKH, tapi ada perbedaannya, tunggu tanggal mainnya," kata Agus di Hotel Sari Pasific, Jakarta Pusat, Kamis 2 Mei 2019.
 
Namun, Agus enggan membeberkan perbedaannya saat ini. Karena, kata dia, kartu sembako murah yang diusung calon petahana masih dalam tahap pengkajian dan belum dirilis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Perubahannya (BPNT, PKH, dan kartu sembako murah) ada, sekarang lagi dikaji, sedang dibahas," ujar Agus.
 
Saat ini dana PKH sudah masuk tahap kedua. Sebanyak 9,8 juta dari 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM) sudah menerima dana bantuan pada tahap kedua. Tahap ketiga nanti akan berlangsung pada Juli dan tahap keempat Oktober.
 
Baca: Nominal PKH 2019 Tergantung Kondisi Keluarga
 
Pada 2019 keluarga penerima manfaat PKH akan mendapat bantuan pokok sebesar Rp550.000 per tahun. Untuk keluarga di daerah sulit, bantuan pokoknya Rp1 juta per tahun dan ada juga yang menerima Rp 2,5 juta per tahun. Bantuan pokok ini baru diberikan pada pencairan tahap pertama.
 
Selain bantuan pokok, komponen lain yang menentukan besaran PKH adalah keberadaan ibu hamil/anak balita, lansia, anggota keluarga dengan disabilitas, anak SD, anak SMP, dan anak SMA.
 

(YDH)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif