Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Kapolri Imbau Masyarakat Gunakan Fasilitas Isolasi Terpusat

Antara • 20 Februari 2022 05:38
Jakarta: Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengimbau masyarakat memanfaatkan fasilitas isolasi terpusat (isoter) yang disediakan pemerintah. Hal ini demi menekan penyebaran covid-19.
 
Listyo menerangkan fasilitas isolasi terpusat tidak hanya menyediakan tempat, tetapi juga tenaga kesehatan. Sehingga, mereka yang terkena covid-19 akan dipantau kondisinya sampai masa isolasi berakhir.
 
"Saya imbau masyarakat yang di rumahnya kurang memadai untuk melaksanakan isolasi mandiri, kami sarankan lebih baik dirawat di isoter," kata Listyo saat meninjau tempat isolasi terpusat di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu, 19 Februari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mendorong mereka yang lanjut usia (lansia) dan punya penyakit bawaan (komorbid) diisolasi terpusat di tempat yang disediakan pemerintah. Kendati, tanpa gejala atau bergejala ringan.
 
"Walaupun gejala ringan, kami sarankan di isoter, karena memang tenaga kesehatan, obat-obatan, perawatan, dan pengawasannya jauh lebih baik. Meskipun tingkat fatalitas (kematian) masih rendah, tetap berisiko bagi masyarakat lansia, komorbid, dan mereka yang vaksinasinya belum lengkap," terang Listyo.
 
Baca: Pemerintah Siapkan Fasilitas Isolasi Terpusat di Seluruh Provinsi
 
Ia menyampaikan kasus harian covid-19 akibat varian Omicron telah melampaui angka harian varian Delta. Ia menegaskan perlu ada strategi dan penanganan khusus agar jumlah pasien covid-19 kembali landai.
 
"Salah satu caranya dengan memisahkan masyarakat yang terpapar," kata dia.
 
Kapolri mengecek fasilitas yang tersedia untuk isolasi di Asrama Haji Sukolilo. Ia menyapa dan mengapresiasi para tenaga kesehatan yang bertugas.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif