Presiden Joko Widodo - MI/Ramdani.
Presiden Joko Widodo - MI/Ramdani.

Jokowi Minta Prabowo Sediakan Alat Perang Paling Mutakhir

Nasional alutsista
Damar Iradat • 22 November 2019 14:40
Jakarta: Presiden Joko Widodo meminta Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyediakan alat perang mutakhir buat mengantisipasi perang di masa mendatang. Jokowi tak ingin pengadaan alat utama sistem senjata (alutsista) usang.
 
"Jangan sampai pengadaan alutsista kita lakukan dengan teknologi yang sudah usang, sudah ketinggalan, dan tidak sesuai dengan corak peperangan di masa yang akan datang," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas mengenai kebijakan pengadaan alutsista di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat, 22 November 2019.
 
Jokowi mengatakan sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dan terletak di antara dua samudra dan dua benua, Indonesia harus mampu menjadi negara dengan kekuatan regional yang baik dan disegani di kawasan Asia Timur. Kepala Negara menilai penguatan pertahanan harus disertai dengan alutsista modern.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, pengadaan alutsista mesti didorong kepada kemampuan industri alat pertahanan dalam negeri. Jokowi meminta peta jalan (roadmap) pengembangan industri pertahanan dalam negeri harus jelas.
 
"Mulai dari hulu sampai hilir dengan melibatkan baik BUMN maupun swasta, sehingga kita bisa mengurangi ketergantungan pada impor alutsista dari luar negeri," tutur dia.
 
Jokowi juga meminta Prabowo memastikan ada alih teknologi. Dia menuturkan dari setiap pengadaan alutsista maupun program kerja sama dengan negara-negara lain, harus dipastikan terlebih dahulu sumber daya manusia (SDM) industri pertahanan betul-betul diperkuat.
 
Ia juga meminta jangan ada lagi orientasi pengadaan alutsista cuma buat penyerapan anggaran atau sekadar proyek. Ia meminta hal-hal tersebut dihentikan.
 
"Orientasinya ialah betul-betul strategic partnership meningkatkan kemandirian dan daya saing bangsa sehingga kita memiliki kemampuan untuk memproduksi alutsista yang dikerjasamakan," tegas dia.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif