Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Menkes Cari Alternatif Screening PeduliLindungi

Nasional kemenkes covid-19 Penularan covid-19 PeduliLindungi
Fachri Audhia Hafiez • 13 September 2021 17:56
Jakarta: Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mencari alternatif screening aplikasi PeduliLindungi tanpa menggunakan smartphone. Sebab, masih ditemukan lemahnya penetrasi penggunaan smartphone di sejumlah daerah.
 
"Kami juga memikirkan bagaimana PeduliLindungi bisa digunakan tanpa smartphone, sedang kita pikirkan bagaimana caranya, agar ada alternatif lain," kata Budi dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR secara virtual, Jakarta, Senin, 13 September 2021.
 
Budi mencontohkan screening data terkait covid-19 pada PeduliLindungi yang telah terintegrasi di bandara. Sistem PeduliLindungi diintegrasikan dengan sistem check in pesawat dan sistem pemesanan dari Traveloka atau tiket.com. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Bahaya! Ribuan Orang Positif Covid-19 Berkeliaran di Mal
 
"Pertama kali yang bersangkutan pesan tiket atau check in, otomatis tanpa butuh handphone. Aplikasi Traveloka atau tiket.com ataupun aplikasi check in pesawat akan dicek ke sistem PeduliLindungi mengenai status vaksinasi dan lab PCR," terang Budi.
 
Di sisi lain, Budi meyakinkan keamanan aplikasi tersebut sudah diserahkan ke Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Badan Intelijen Negara (BIN). Hal ini guna menjamin keamanan data pengguna. Selain itu, pembenahan terhadap layanan PeduliLindungi terus ditingkatkan.
 
"Kita memahami ada beberapa yang pada saat disuntik (vaksin) tidak masuk sertifikatnya, sekarang kita sudah memberikan call center khusus, juga website khusus, email khusus, dimana itu bisa diperbaiki," ujar Budi.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif