NEWSTICKER
Suasana bangkai kapal yang hangus terbakar di Pelabuhan Muara Baru, Jakarta. (Foto: ANTARA/Muhammad Iqbal)
Suasana bangkai kapal yang hangus terbakar di Pelabuhan Muara Baru, Jakarta. (Foto: ANTARA/Muhammad Iqbal)

Polisi Tetapkan Tiga Tersangka Kebakaran Kapal di Muara Baru

Nasional kebakaran
Siti Yona Hukmana • 02 Maret 2019 13:08
Jakarta: Polisi menetapkan tiga orang tersangka terkait kasus kebakaran kapal di Pelabuhan Muara Baru, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu, 23 Februari 2019. Ketiganya yakni Wilis Susanto, 35, Tino, 38, dan Sugih Ardiansyah, 27.
 
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, ketiga tersangka memiliki kaitan dalam aktivitas pengelasan di kapal Arta Mina Jaya yang menjadi sumber api. 34 kapal terbakar dalam peristiwa itu.
 
"Tersangka Sugih sebagai tukang lasnya, Wilis mandor atau kepala operasi pengelasan, dan Tino merupakan nakhoda atau kapten kapal," ujar Argo saat dikonfirmasi, Sabtu, 2 Maret 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Argo mengatakan penetapan ketiga tersangka berdasarkan dugaan kelalaian saat melakukan pekerjaan mengelas. Dari hasil penyidikan, ada beberapa standar operasional dan aturan yang diabaikan oleh tersangka Sugih saat mengelas di ruang mesin kapal.
 
Baca juga: Gelar Perkara Kebakaran di Muara Baru Ditunda
 
Sementara, Wilis dan Tino, kata dia, telah mengetahui standar operasi tersebut. Namin, membiarkan kegiatan pengelasan yang tak sesuai prosedur terjadi.
 
"Contoh, dalam suatu pengelasan harus ada blower, oksigen juga harus tidak pengap, ada penyedotan panas, tapi tidak dilakukan," beber Argo.
 
Akibat perbuatannya, tersangka Sugih dikenakan Pasal 188 subsider Pasal 187 KUHP tentang kelalaian yang mengakibatkan kebakaran. Sedangkan, tersangka Wilis dan Tino dijerat Pasal 155 juncto Pasal 188 subsider Pasal 187 KUHP. Ketiganya terancam dihukum penjara paling lama lima tahun.
 
Baca juga: Anies Sebut Kebakaran di Muara Baru Pembelajaran
 
Kebakaran di Pelabuhan Muara Baru terjadi pada Sabtu 23 Februari 2019. Sebanyak 23 unit pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api yang berkobar sejak pukul 15.16 WIB. Meski sempat padam, api kembali berkobar di salah satu kapal.
 
Berdasarkan data Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Provinsi DKI Jakarta, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Namun, sejumlah orang dibawa ke rumah sakit karena sesak napas.
 
Para korban itu ialah dua karyawati PT KMC bernama Resma dan Maria, termasuk satu petugas Damkar bernama Anggo Widagdo. Seluruh korban dilarikan ke Rumah Sakit Atmajaya.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif