Suasana bangkai kapal yang hangus terbakar di Pelabuhan Muara Baru, Jakarta. (Foto: ANTARA/Muhammad Iqbal)
Suasana bangkai kapal yang hangus terbakar di Pelabuhan Muara Baru, Jakarta. (Foto: ANTARA/Muhammad Iqbal)

Gelar Perkara Kebakaran di Muara Baru Ditunda

Nasional kebakaran
Siti Yona Hukmana • 27 Februari 2019 19:02
Jakarta: Polda Metro Jaya menunda gelar perkara kebakaran 34 kapal di Pelabuhan Muara Baru, Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada Sabtu, 23 Februari 2019. Sedianya gelar perkara dilakukan pada Selasa, 26 Februari 2019.
 
"Dari laboratorium forensik belum ada surat resmi yang diterima penyidik Polres Tanjung Priok sehingga ditunda," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu, 27 Februari 2019.
 
Argo belum dapat memastikan kapan gelar perkara akan dilaksanakan. Kendati demikian, proses gelar perkara diyakini tidak akan memakan waktu lama.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Nanti kalau kita sudah mendapatkan hasil dari labfor kita akan gelar perkara. Dari situ kita dapat melihat, menemukan, dan menentukan (penyebab dan tersangka)," ungkapnya.
 
Lebih lanjut, Argo mengaku dalam kasus ini sudah memeriksa 21 saksi. Ditambah saksi ahli dan saksi dari regulator. Hasil dari pemeriksaan saksi akan dikaitkan dengan hasil uji labfor.
 
Baca juga:Anies Sebut Kebakaran di Muara Baru Pembelajaran
 
Kebakaran puluhan kapal ini bersumber dari kapal ikan Artamina Jaya yang saat itu sedang melakukan pengelasan. Akibatnya, sebanyak 34 kapal yang bersandar di Pelabuhan Muara Baru itu ikut terbakar.
 
Sementara itu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut kebakaran yang terjadi di Pelabuhan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara sebagai pembelajaran. Selama ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI terbiasa memadamkan api di darat.
 
"Kita perlu menambah lebih banyak kekuatan untuk memadamkan kebakaran di (wilayah) air karena kekuatan kita hanya memadamkan (kebakaran) di gedung dan daratan," kata Anies di kawasan Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Senin, 25 Februari 2019.
 
Baca juga:15 Bangkai Kapal Kebakaran di Muara Baru Direlokasi
 
Anies mengaku sudah mengerahkan tim pemadam saat kejadian berlangsung. Dia menyebut proses pemadamam cukup sulit lantaran banyak dari kapal-kapal di sekitarnya yang memuat bahan bakar dan siap digunakan untuk berlayar.
 
Dia mengimbau masyarakat khususnya pekerja di kawasan Pelabuhan Muara Baru untuk lebih berhati-hati jika melakukan kegiatan yang beresiko kebakaran. Apalagi, lanjut dia, di tempat-tempat dengan muatan bahan bakar yang cukup banyak.
 
"Mudah-mudahan ke depan bisa dihindari," imbuh Anies.
 

(MEL)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif