Kemenhub Siapkan Santunan Korban Tragedi Surabaya Membara

Suci Sedya Utami 10 November 2018 13:56 WIB
kecelakaan kereta api
Kemenhub Siapkan Santunan Korban Tragedi Surabaya Membara
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto Medcom.id
Jakarta: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan memberikan santunan bagi para korban luka maupun meninggal terkait tragedi kecelakaan di Viaduk dalam pagelaran Surabaya Membara.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyayangkan insiden yang terjadi saat warga tengah bersuka cita menyambut peringatan Hari Pahlawan. Budi menyampaikan duka cita mendalam bagi para korban dan keluarga korban.

"Kami sangat menyesalkan terjadinya kejadian ini. Untuk korban yang wafat kami dari Kementerian Perhubungan akan memberi santunan kepada keluarga. Ini tragedi kemanusiaan dan tentunya hal ini tidak diinginkan oleh siapapun," kata Budi dalam keterangan tertulis, Sabtu, 10 November 2018.


Hal senada juga disampaikan oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri. Zulfikri berharap insiden serupa tidak terjadi lagi.

Ia pun tidak ingin berspekulasi dan menyalahkan pihak tertentu atas tragedi tersebut. Namun
demikian ia menegaskan Viaduk rel kereta api bukanlah tempat untuk menonton pertunjukan.  

Ia bilang dalam UU Nomor 23 Tahun 2007 tertulis jelas tertera masyarakat dilarang berada di rel kereta api untuk kepentingan atau aktivitas apa pun.

"Jalur kereta api tidak bisa dimanfaatkan secara sembarangan karena menyangkut keselamatan perjalanan kereta api," ujar dia.

Pergelaran teater Surabaya Membara adalah tontonan rutin setiap tahun untuk warga Surabaya menyambut Hari Pahlawan 10 November. Pertunjukan tersebut menceritakan perjuangan arek-arek Surabaya melawan penjajah.

Ribuan warga Kota Surabaya yang ingin menyaksikan harus berdesak-desakan hingga rela naik ke Viaduk. Ironisnya pada saat yang sama kereta api lewat sehingga belasan orang terjatuh dari atas viaduk.

Akibat kejadian ini, tiga orang meninggal dan 11
mengalami luka. Tiga penonton tersebut meninggal akibat jatuh dari jembatan Viaduk dan terlindas kereta api.




(SCI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id