Ketua Promotor Hadi Susilo Arifin dalam sidang terbuka IPB, Sabtu, 27 Maret 2021. Foto: Dok IPB
Ketua Promotor Hadi Susilo Arifin dalam sidang terbuka IPB, Sabtu, 27 Maret 2021. Foto: Dok IPB

Ini Pertimbangan IPB Sematkan Doktor Kehormatan kepada Doni Monardo

Nasional Lingkungan Lingkungan Hidup BNPB kekayaan alam IPB
Theofilus Ifan Sucipto • 27 Maret 2021 11:48
Jakarta: Institut Pertanian Bogor (IPB) menganugerahi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo dengan gelar doktor kehormatan (honoris causa). Sepak terjang perwira tinggi TNI itu di bidang lingkungan dianggap patut mendapatkan pengakuan. 
 
“Letjen TNI Doni Monardo satu-satunya perwira tinggi TNI yang konsisten dengan aksi dan gerakan lingkungan,” kata Ketua Promotor Hadi Susilo Arifin dalam sidang terbuka IPB, Sabtu, 27 Maret 2021.
 
Menurut dia, pihaknya mengkaji 10 tahun lebih dedikasi Doni terkait lingkungan. Doni dinilai sukses membangkitkan kepedulian lingkungan, memobilisasi sumber daya, membangun jejaring kerja kolaboratif, dan memulihkan keanekaragaman hayati dan ekosistem.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Juga membangun kolaborasi penegakan hukum serta melakukan advokasi kebijakan,” papar Hadi.
 
Baca: Doni Monardo Dianugerahi Gelar Doktor Kehormatan oleh IPB
 
Seluruh upaya itu, kata Hadi, dikembangkan secara autodidak ditambah pengalaman Doni saat bertugas. Kontribusi Kepala BNPB itu menjadi respons atas tantangan dan masalah lingkungan hidup di wilayah tugasnya.
 
Hadi menuturkan Kepala Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 itu lihai menyeleksi jenis tanaman untuk penghijauan. Kemudian, Doni aktif membuat program seperti Citarum Harum serta Emas Hijau dan Emas Biru untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
 
“Dalam bidang pendidikan, Letjen TNI Doni Monardo aktif memberi kuliah ngasih kuliah dan studium generale dan menjadi pembicara kunci pada kegiatan ilmiah,” tutur dia.
 
Dia menilai Doni juga berkomitmen di bidang pengabdian masyarakat. Hal itu tercermin dengan langkah Doni mendirikan organisasi lingkungan Paguyuban Budiasih untuk membudidayakan pohon trembesi.
 
“Karya, prestasi, dedikasi, dan kontribusinya merupakan dasar pemberian gelar doktor kehormatan doktor honoris causa pada Letjen TNI Doni Monardo,” ujar Hadi.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif