Jakarta: Mayoritas Generasi Z atau mereka yang berusia 18-25 tahun di Indonesia mengakses media berformat digital. Jurnal Kajian Media Universitas Multimedia Nusantara membeberkan dari 15 format media, Gen Z cenderung memilih media digital.
"Lebih dari 50 persen responden mengaku tidak pernah mengakses tiga tipe media cetak (tabloid, koran, dan majalan)," tulis jurnal kajian bertajuk 'Pola Konsumsi Media Digital dan Berita Online Gen Z Indonesia' yang dikutip pada Selasa, 19 Juli 2022.
Jurnal tersebut membeberkan 69,3 persen dari 1.117 responden Gen Z kerap mengakses layanan aplikasi pengiriman pesan. Sebanyak 52,5 persen responden mengakses media sosial dan 25 persen mengakses media audia berbasis digital, video streaming, dam media onlina.
Di sisi lain, jurnal ilmiah itu memerinci durasi akses media digital oleh Gen Z. Riset menunjukkan mayoritas Gen Z menggunakan waktu lebih dari 8 jam per hari mengakses media digital.
"Dari total 1.177 responden, 18,2 persen responden yang terdiri atas 47,1 persen laki-laki dan 52,9 persen perempuan mengaku durasi akses media digital mereka per hari lebih dari 8 jam," tuis jurnal tersebut.
Sebesar 14 persen responden memilih jawaban lebih dari 4-5 jam durasi akses media digital per hari. Hanya 1,4 persen responden Gen Z yang mengakses media digital dengan waktu kurang dari 1 jam per hari.
Survei menggunakan metode kuantitatif melalui platform SurveyMonkey. Jajak pendapat melibatkan 1.177 responden berusia 18-25 tahun dengan dengan margin of error 3 persen.
Jakarta: Mayoritas Generasi Z atau mereka yang berusia 18-25 tahun di Indonesia mengakses media berformat
digital. Jurnal Kajian Media Universitas Multimedia Nusantara membeberkan dari 15 format media, Gen Z cenderung memilih media digital.
"Lebih dari 50 persen responden mengaku tidak pernah mengakses tiga tipe media cetak (tabloid, koran, dan majalan)," tulis jurnal kajian bertajuk 'Pola Konsumsi Media Digital dan Berita Online Gen Z Indonesia' yang dikutip pada Selasa, 19 Juli 2022.
Jurnal tersebut membeberkan 69,3 persen dari 1.117 responden
Gen Z kerap mengakses layanan aplikasi pengiriman pesan. Sebanyak 52,5 persen responden mengakses
media sosial dan 25 persen mengakses media audia berbasis digital, video
streaming, dam media onlina.
Di sisi lain, jurnal ilmiah itu memerinci durasi akses media digital oleh Gen Z. Riset menunjukkan mayoritas Gen Z menggunakan waktu lebih dari 8 jam per hari mengakses media digital.
"Dari total 1.177 responden, 18,2 persen responden yang terdiri atas 47,1 persen laki-laki dan 52,9 persen perempuan mengaku durasi akses media digital mereka per hari lebih dari 8 jam," tuis jurnal tersebut.
Sebesar 14 persen responden memilih jawaban lebih dari 4-5 jam durasi akses media digital per hari. Hanya 1,4 persen responden Gen Z yang mengakses media digital dengan waktu kurang dari 1 jam per hari.
Survei menggunakan metode kuantitatif melalui
platform SurveyMonkey. Jajak pendapat melibatkan 1.177 responden berusia 18-25 tahun dengan dengan
margin of error 3 persen.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ADN)