Komisaris Utama PT KAI Jusman Syafii Djamal dan Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro pada peresmian kereta Luxury 2 di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Minggu, 26 Mei 2019 (Foto:Medcom.id/Anggi Tondi Martaon)
Komisaris Utama PT KAI Jusman Syafii Djamal dan Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro pada peresmian kereta Luxury 2 di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Minggu, 26 Mei 2019 (Foto:Medcom.id/Anggi Tondi Martaon)

Resmi Beroperasi, Kereta Luxury 2 Berlakukan Harga Promo

Nasional pt kai
Anggi Tondi Martaon • 27 Mei 2019 21:09
Jakarta: PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) resmi merilis kereta Luxury Class generasi kedua dengan nama Luxury 2. Layanan kereta kelas atas ini merupakan pembaruan dari kereta supermewah Sleeper Train yang dirilis pada 2018.
 
Direktur Utama PT KAI (Persero) Edi Sukmoro menjelaskan, perbedaan yang paling menonjol pada Luxury 2 adalah pelayanan yang lebih prima walaupun seat di setiap gerbongnya berubah dari 18 seats menjadi 26 seats.
 
"Sementara, kereta generasi pertama hanya 18," kata Edi, ditemui di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Minggu, 26 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Banyak fasilitas unggulan yang diberikan kepada penumpang. Misalnya, kursi elektrik yang bisa direbahkan hingga 140 derajat dan diputar hingga 180 derajat.
 
Kenyamanan kursi juga didukung ketersediaan televisi. Fitur ini menyediakan rangkaian hiburan yaitu film, musik, dan permainan. Sambil mengenakan headset, Edi mencoba layanan hiburan tersebut.
 
"Wah, layarnya lebih responsif. Jadi lebih mudah memilih menunya," ucap Edi kepada Komut PT KAI Jusman Syafii Djamal, saat mencoba fitur hiburan di kereta Luxury 2.
 
Peresmian Luxury 2 turut dihadiri Komisaris Utama (Komut) PT KAI Jusman Syafii Djamal, Direktur Operasi dan Prasarana PT KAI Apriyono Wedi Chresnanto, Direktur Komersial PT KAI Dody Budiawan, Direktur Keselamatan dan Keamanan Muhammad Nurul Fadhila, serta Executive Vice President Daop 1 Jakarta Dadan Rudiansyah.
 
Usai seremoni potong pita simbol peresmian, Edi bersama rombongan mengecek fasilitas di kereta Luxury 2.
 
Resmi Beroperasi, Kereta Luxury 2 Berlakukan Harga Promo
Komisaris Utama PT KAI Jusman Syafii Djamal dan Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro menjajal fasilitas kereta Luxury 2 di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Minggu, 26 Mei 2019 (Foto:Medcom.id/Anggi Tondi Martaon)
 
Luxury 2 juga dilengkapi fasilitas dan layanan pendukung berupa sandaran kaki elektrik, selimut, bantal, handuk wajah, lampu baca, serta charging power source.
 
Penumpang pun tidak perlu membawa bekal makanan saat menempuh perjalanan dengan Luxury 2. Sebab, PT KAI menyediakan makanan, minuman, dan kudapan gratis.
 
"Kita berharap semakin memanjakan penumpang, sekiranya dapat menikmati perjalanan yang lebih indah. Kita berharap, penumpang akan lebih mencintai kereta api," ucap Edi.

Upaya PT KAI Memaksimalkan Pelayanan

PT KAI sengaja memperbarui layanan kereta api VIP ini karena merujuk pada permintaan konsumen. Minat masyarakat menggunakan kereta Luxury generasi pertama cukup tinggi. Rata-rata okupansi pada kereta Argo Bromo Anggrek Luxury (Gambir-Surabaya Pasar Turi) mencapai 108 persen.
 
"Tentu saja, ini akan dievaluasi lagi. Apakah penumpang memang berkeinginan menggunakan kereta ini lebih banyak? Kalau lebih banyak, ya kita nanti mungkin dengan Inka (Industri Kereta Api) akan bekerja sama lagi," ujar Edi.
 
Resmi Beroperasi, Kereta Luxury 2 Berlakukan Harga Promo
Komisaris Utama PT KAI Jusman Syafii Djamal dan Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro beserta jajaran PT KAI meresmikan pengoperasian kereta Luxury 2 di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Minggu, 26 Mei 2019 (Foto:Medcom.id/Anggi Tondi Martaon)
 
Sementara itu, Komut PT KAI Jusman Syafii Djamal menyambut baik peluncuran kereta Luxury 2. Beliau menambahkan, direksi PT KAI selalu berupaya melayani keinginan pelanggan akan moda transportasi yang aman dan nyaman.
 
"Ada segmen penumpang yang menginginkan suatu kereta yang Luxury, tapi dia juga ingin menikmati pemandangan atau kenyamanan saat perjalanan malam," kata Jusman.
 
Bertepatan dengan momen mudik Lebaran 2019, PT KAI sedang memberlakukan harga promo Rp750 ribu untuk perjalanan Jakarta-Yogyakarta. Promo berlaku pada 26 Mei-25 Juni 2019.
 
Segera lakukan pemesanan tiket melalui aplikasi KAI Access, Website KAI, atau seluruh layanan penjualan resmi KAI lainnya.
 
Kereta Luxury 2 tersedia pada rangkaian KA Argo Lawu (Gambir-Solo Balapan) PP, KA Argo Dwipangga (Gambir-Solo Balapan) PP, KA Taksaka (Gambir-Yogyakarta) PP, dan KA Gajayana (Gambir-Malang) PP.
 

(ROS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif