Luxury 2 resmi beroperasi mulai Minggu, 26 Mei 2019 (Foto:Medcom.id/Anggi Tondi Martaon)
Luxury 2 resmi beroperasi mulai Minggu, 26 Mei 2019 (Foto:Medcom.id/Anggi Tondi Martaon)

Mudik Naik Kereta Luxury 2, Mewah dan Nyaman

Nasional pt kai
Anggi Tondi Martaon • 29 Mei 2019 12:29
Jakarta: PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) terus berbenah diri. Jika dahulu naik kereta api jauh dari kata nyaman, kini kesan itu tiada lagi. Yang muncul ialah rasa nyaman, aman, dan menyenangkan.
 
Terlebih lagi dengan dirilisnya kereta Sleeper terbaru, Luxury 2. Kereta mewah ini benar-benar memanjakan penumpang. Bikin betah.
 
Luxury 2 resmi beroperasi mulai Minggu, 26 Mei 2019, berbarengan dengan momen mudik 2019. Kereta Luxury 2 dirangkaikan dengan KA Argo Lawu yang meluncur dari Stasiun Gambir menuju Stasiun Solo Balapan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kereta Luxury 2 merupakan pembaruan dari generasi sebelumnya, kereta Luxury, yang dirilis KAI pada 2018. Perbedaan yang paling menonjol pada Luxury 2 adalah pelayanan lebih prima, walaupun kursidi setiap gerbong berubah dari generasi sebelumnya 18 kursimenjadi 26 kursi.
 
Seperti apa rasanya menempuh perjalanan jauh menggunakan kereta mewah Luxury 2? Medcom.id berkesempatan menjajalnya, dengan rute dari Stasiun Gambir, Jakarta, menuju Stasiun Yogyakarta, Jawa Tengah, pada Minggu, 26 Mei 2019.
 
Perjalanan dimulai dari Stasiun Gambir, pukul 20.00 WIB. Begitu menjejakkan kaki di dalam gerbong kereta Luxury 2, saya terpukau. Betapa tidak, interior kereta tampak mewah. Kalau diibaratkan, kereta Luxury 2 mirip kelas bisnis pesawat.
 
Mudik Naik Kereta Luxury 2, Mewah dan Nyaman
Penumpang kereta Luxury 2 (Foto:Antara/M Risyal Hidayat)
 

Saya memilih duduk di kursi belakang. Setelah meletakkan tas di bagasi kabin, saya merebahkan tubuh sambil memperhatikan tombol-tombol yang ada di sandaran tangan bagian kiri. Tombol tersebut berfungsi mengatur kemiringan sandaran badan dan kaki.
 
Kursi elektriknya bisa direbahkan hingga 140 derajat dan diputar 180 derajat. Juga terdapat sandaran kaki elektrik yang bisa disesuaikan. Empuk dan nyaman.
 
Baru saja sejenak bersandar melepas penat, tiba-tiba terdengar notifikasi di smartphone saya, pertanda baterai lemah. Saya bergegas mencari soket listrik.
 
PT KAI sepertinya paham betul akan kebutuhan masyarakat digital sekarang ini, yang tak bisa lepas dari gawai dan colokan. Tersedia USB charging power source yang mudah dijangkau untuk mengisi ulang baterai gawai.
 
Tersedia pula foldable food tray, lampu baca, bantal, selimut, dan handuk wajah untuk menunjang kenyamanan penumpang. Ada juga train attendance button yang berfungsi untuk meminta bantuan petugas.
 
Naik kereta Luxury 2, Anda tak perlu khawatir akan kelaparan. Sebab, Anda bisa menikmati makanan dan minuman gratis. Petugas di kereta secara berkala menawarkan kepada penumpang makanan atau minuman.
 
"Mas, mau makan berat sekarang atau nanti setelah sahur, atau mau menikmati camilan?" tanya petugas bernama Irlina, dengan ramah.
 
Mudik Naik Kereta Luxury 2, Mewah dan Nyaman
Penumpang bisa memesan aneka minuman dan makanan di kereta Luxury 2, gratis (Foto:Medcom.id/Anggi Tondi Martaon)
 

Saya pun memesan camilan dan teh manis hangat. Selain teh hangat, tersedia air mineral, jus, puding, dan roti.
 
Setelah selesai menyantap hidangan, posisi sandaran kursi saya miringkan hingga 140 derajat agar bisa merebahkan tubuh. Selimut yang terbungkus plastik saya buka untuk menghangatkan badan yang mulai menggigil kedinginan. Jangan tanya rasanya, nyaman banget! Dalam sekejap, saya sudah terlelap.
 
Sekitar pukul 23.10 WIB, saya terbangun. Rupanya kereta Luxury 2 tengah menaik/turunkan penumpang di Stasiun Cirebon. Saya lalu memutuskan bangun dan memesan kopi panas di minibar yang ada di bagian depan rangkaian kereta.
 
Merasa sudah terjaga dan sulit tidur, saya menjajal fasilitas hiburan yang terdapat di kereta Luxury 2. Banyak jenis film, musik, dan permainan yang bisa dipilih sesuai selera.
 
Untuk film, ada pilihan fiksi ilmiah (Venom, Bumble Bee), horor, romance, dan lain sebagainya. Ada juga film dokumenter dan pilihan program televisi. Untuk musik, tersedia genre pop, blues, heavy metal, dangdut, dan campur sari.
 
Akhirnya, saya menjatuhkan pilihan menonton film Suzanna Beranak dalam Kubur. Headset saya pasang di telinga dan selimut saya tarik menutupi tubuh. Feels like home. Nyaman.
 
Mudik Naik Kereta Luxury 2, Mewah dan Nyaman
Fasilitas hiburan di kereta Luxury 2 (Foto:Medcom.id/Anggi Tondi Martaon)
 

Di tengah kegiatan menonton film, mendadak perut saya lapar. Saya kemudian memencet train attendance button dan tak lama petugas menghampiri. Saya memesan nasi goreng, telur mata sapi, dan ayam. Nasi gorengnya enak. Porsinya pun pas.
 
Setelah makan, saya berusaha melanjutkan menonton film. Tapi apa daya, mata ini lengket seperti kena lem. Saya sempat tertidur.
 
Tak terasa, kereta Luxury 2 telah tiba di tujuan, Stasiun Yogyakarta, pukul 04.15 WIB. Saya bangun dan mengemas barang, lalu turun bersama penumpang lainnya.
 

Mudik Naik Kereta Luxury 2, Mewah dan Nyaman
Komisaris Utama PT KAI Jusman Syafii Djamal dan Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro menjajal fasilitas kereta Luxury 2 di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Minggu, 26 Mei 2019 (Foto:Medcom.id/Anggi Tondi Martaon)
 

Kesimpulan yang saya peroleh, kereta Luxury 2 luar biasa nyaman. Cocok untuk perjalanan mudik maupun traveling. Fasilitas dan pelayanannya memuaskan, sepadan dengan harga tiketnya.
 
Mungkin Anda bertanya, berapa sih harga tiketnya? Bertepatan dengan momen mudik Lebaran 2019, PT KAI sedang memberlakukan harga promo Rp750 ribu untuk perjalanan Jakarta-Yogyakarta. Promo berlaku pada 26 Mei-25 Juni 2019.
 
Nah, mumpung lagi promosi nih, ayo segera pesan tiket Anda melalui aplikasi KAI Access, Website KAI, atau seluruh layanan penjualan resmi KAI lainnya.
 
Kereta Luxury 2 tersedia pada rangkaian KA Argo Lawu (Gambir-Solo Balapan) PP, KA Argo Dwipangga (Gambir-Solo Balapan) PP, KA Taksaka (Gambir-Yogyakarta) PP, dan KA Gajayana (Gambir-Malang) PP.
 

(ROS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif