Ilustrasi terorisme. Foto: Medcom.id
Ilustrasi terorisme. Foto: Medcom.id

Partai Politik Harus Berkomitmen Melawan Terorisme

Nasional Wiranto Diserang
Medcom • 12 Oktober 2019 16:09
Jakarta: Penyerangan Menko Polhukam Wiranto tak boleh dianggap remeh. Semua unsur harus bergerak melawan terorisme yang semakin mengancam.
 
"Partai-partai yang masih mengandalkan simbol agama sebagai alat mobilisasi politik mesti didorong untuk memiliki komitmen yang lebih besar dalam melawan terorisme," kata Direktur Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) Boni Hargens, di Jakarta, Sabtu, 12 Oktober 2019.
 
Dengan komitmen itu, maka partai memenuhi harapan untuk bergerak bersama melawan teroris. Sebagai analis politik, Boni melihat partai berlaku sebagai pilar demokrasi untuk mencegah hal serupa terjadi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menyebut, sejauh ini komitmen itu hanya ditunjukkan segelintir partai saja. Namun sejak insiden penyerangan Wiranto, semua pihak harus menyatakan perang terhadap terorisme dan radikalisme.
 
"Bagaimana caranya? Mulai dari rekrutmen calon kepala daerah atau calon wakil rakyat, harus ada screening ideologi supaya yang terpapar radikalisme tidak ikut masuk menguasai ruang kekuasaan," tutur dia.
 
Boni tak ingin menyinggung bagaimana kesalahan masa lalu terkait dengan paham radikal. Bagi dia, fokus kepada solusi lebih penting daripada mencari siapa yang salah.
 
"Sekarang masalahnya sudah terlanjur besar dan serius. Maka kita fokus pada solusi," tegas dia.
 
Boni menyatakan saat ini semua pihak harus bersyukur dengan institusi keamanan Polri, TNI, dan BIN bekerja keras menjaga ideologi. Namun dia ingin partai ikut membantu kinerja mereka.
 
"Karena partai politik juga perlu lebih partifipatif dan kita tuntut komitmen mereka untuk bersama-sama melawan radikalisme dan terorisme," jelas Boni.
 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif