Wakil Presiden Maruf Amin. Foto: Dok Setwapres.
Wakil Presiden Maruf Amin. Foto: Dok Setwapres.

Arab Saudi dan Jepang Pecundangi Tim Favorit Juara Piala Dunia, Wapres: Kebangkitan Asia

Indriyani Astuti • 24 November 2022 15:53
Jakarta: Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin turut merespons kemenangan Arab Saudi dan Jepang dalam laga perdana Piala Dunia Qatar 2022. Menurut Wapres, kemenangan dua negara tersebut merupakan simbol kebangkitan tim sepak bola Asia.
 
"Kalau menurut saya itu fenomena baru ya, fenomena baru dan itu kebangkitan Asia saya kira, mungkin juga Afrika. Kita lihat nanti Afrika," tutur Wapres seusai menghadiri Maulid ke-18 Pondok Pesantren Al Jauhari, di Kampung Sangojar, Desa Sindanggalih, Karangtengah, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis, 24 November 2022.
 
Wapres memprediksi konstelasi pesepakbolaan di dunia akan bergeser. Sehingga, tidak hanya didominasi oleh tim-tim nasional Eropa maupun Amerika Latin. Tim nasional dari negara-negara Asia, menurut Wapres, berpotensi unggul.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ternyata Asia juga berpotensi mengambil peran penting dalam pesepakbolaan global. Itu barangkali itu suatu fenomena baru, nah ini kita ikuti nanti," ungkap Wapres.
 

Baca: Gempa Cianjur, Wapres Instruksikan Kemenag Siapkan Bantuan Buat Pesantren Rusak


Wapres mengaku turut senang melihat kemenangan dua tim nasional asal Asia tersebut. Wapres mengatakan ada dua kemungkinan yang akan terjadi pada ajang piala dunia yang tengah berlangsung. 
 
"Nah kalian menganalisa, apakah klub-klub Asia ini memang prestasinya naik, sehingga menyamai bahkan mengalahkan atau memang klub yang elite dulu itu sudah mengalami degradasi penurunan sehingga akan terjadi perubahan situasi," sebut Wapres.
 
Arab Saudi mengejutkan Argentina dengan skor 2-1 dalam laga Piala Dunia 2022, Selasa, 22 November 2022. Sedangkan Jepang, juga berhasil membungkam Jerman dengan skor 2-1.
 
(AGA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif