Presiden Joko Widodo. MI/Ramdani
Presiden Joko Widodo. MI/Ramdani

Presiden: Yang Berhak Menyatakan Pandemi Usai Hanya WHO

Andhika Prasetyo • 20 September 2022 10:35
Bekasi: Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan Indonesia tidak akan mengikuti jejak Amerika Serikat yang sudah menyatakan pandemi covid-19 telah berakhir. Menurut Jokowi, pihak yang paling berkompeten untuk menentukan status pagebluk adalah organisasi kesehatan dunia (WHO).
 
"Pandemi ini kan terjadi di seluruh negara di dunia, dan yang bisa memberikan statement menyatakan pandemi itu selesai itu adalah WHO," jelas Jokowi di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa, 20 September 2022.
 
Meskipun situasi sudah semakin membaik, ia meminta seluruh elemen bangsa tetap waspada. Masyarakat juga diminta tidak tergesa-gesa untuk menyatakan pandemi covid-19 telah usai.
 

Baca: WHO Isyaratkan Akhir Pandemi Covid-19, Kemenkes: Tetap Disiplin Prokes


"Kalau untuk Indonesia saya kira kita harus hati-hati, tetap harus waspada tidak usah tergesa-gesa. Ada di satu, dua negara yang sekarang ini angka covid-19 mulai bangkit naik lagi. Kehati-hatian itu yang sangat kita perlukan," ucap Jokowi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelumnya, Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril membenarkan bahwa WHO telah merilis data-data yang mengisyaratkan pandemi covid-19 segera berakhir. Direktur Jenderal (Dirjen) WHO Adhanom Ghebreyesus juga mengatakan bahwa keadaan ini bisa membawa seluruh dunia keluar dari pandemi atau justru sebaliknya. 
 
Namun, masyarakat diminta tetap waspada dan disiplin protokol kesehatan. Termasuk, meningkatkan cakupan vaksinasi.
 
(AGA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif