Kapusdatin dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho/Medcom.id/Candra Yuli Nuralam
Kapusdatin dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho/Medcom.id/Candra Yuli Nuralam

Sebagian Besar Warga Sebesi Terevakuasi

Nasional Gunung Anak Krakatau
Candra Yuri Nuralam • 28 Desember 2018 20:03
Jakarta: Sebagian warga Pulau Sebesi yang menjadi korban tsunami terevakuasi. Sebanyak 1.600 dari 2.814 warga terevakuasi merupakan mereka yang terdampak langsung erupsi Gunung Anak Krakatau.

"Adanya tambahan pengungsi yaitu dari Pulau Sebesi yang dievakuasi warga pulaunya untuk ditempatkan di Lampung Selatan terutama di Kalianda dan sebagian Rajabasa," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Gedung Graha BNPB, Jakarta Pusat, Jumat, 28 Desember.

Baca: Erupsi Anak Krakatau Tak akan Sedahsyat 1883

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Pengungsi Pulau Sebesi ditempatkan di dua lokasi untuk mencegah lonjakan pengungsi.
Tim evakuasi mengangkut warga menggunakan Kapal Sabuk Nusantara 66, Kapal Sabuk Nusantara 46, Kapal Perintis Direktoral Lalu Lintas Angkatan Laut (Ditlala), dan Kapal Trisula 111 Dit KPLP, serta Kapal Jatra III. Baca: Gunung Anak Krakatau Siaga Level III

Di sisi lain, erupsi Gunung Anak Krakatau yang menyebabkan tsunami tak akan meluas. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menegaskan erupsi tak akan menyamai tragedi Gunung Krakatau pada 1883.  

"Kemungkinan seperti 1883 sangat kecil karena dapur magma Gunung Anak Krakatau tidak akan menyebabkan bencana besar dan tidak ada tsunami besar seperti tahun itu," kata Sutopo.


(OJE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi