Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Medcom.id/ Intan Fauzi
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Medcom.id/ Intan Fauzi

Tjahjo tak Pernah Melarang ASN Rapat di Hotel

Nasional pns mendagri ASN
Achmad Zulfikar Fazli • 13 Februari 2019 19:43
Jakarta: Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengakui menegur stafnya yang rapat sampai tengah malam di hotel. Namun, dia membantah melarang aparatur sipil negara rapat di hotel.
 
"Saya menegur staf saya, kenapa rapat anggaran sampai tengah malam di hotel," kata Tjahjo di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Rabu, 13 Februari 2019.
 
Menurut dia, wajar bila aparatur negara rapat di hotel. Tapi, dia hal itu perlu dikoordinasikan dengan pihak hotel.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Iya, lain kali kalau mau rapat di hotel, konsultasi. Ya wajar saja, karena banyak teman-teman daerah membawa pasukan yang banyak, lengkap. Kalau setiap rapat sampai tengah malam, tahu-tahu digerebek kan enggak enak," beber dia.
 
Dia menilai rapat di hotel tetap bisa efektif dan efisien. Dia juga sudah beberapa kali menggelar rapat di hotel.
 
"Boleh. Enggak ada (imbauan) efisiennya. Kami juga rapat di hotel semua kok. Enggak pernah saya menyatakan statement (larang di hotel), kok terus munculnya berita itu," ujar dia.
 
(Baca: Polisi Usut Penganiayaan Dua Pegawai KPK)
 
Informasi larangan Mendagri pada pemerintah daerah untuk menggelar rapat di hotel disorot Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Hariadi Sukamdani. Informasi itu dikeluarkan setelah adanya kasus dugaan pemukulan penyidik KPK di Hotel Borobudur Jakarta, Minggu 3 Februari 2019. Saat itu, Pemerintah Provinsi Papua sedang menggelar rapat terkait RAPBD Papua Tahun Anggaran 2019.
 
"Kami meminta pemerintah jangan mengambinghitamkan hotel. Selalu saja kalau ada masalah inefisiensi di dalam pengelolaan anggaran pemerintah, yang disalahkan hotelnya. Pokoknya jangan bikin kegiatan di hotel," kata Hariadi di Hotel Grand Sahid, Jakarta Pusat, Senin, 11 Februari 2019.
 

(JMS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif