Pemenang kompetisi Hackathon 2022 di Jawa Timur. Dok. Istimewa
Pemenang kompetisi Hackathon 2022 di Jawa Timur. Dok. Istimewa

Mencetak Generasi Muda Inovatif Lewat Kompetisi Hackathon 2022

Achmad Zulfikar Fazli • 26 Juni 2022 23:16
Jakarta: Generasi muda terus diberikan wadah untuk berinovasi serta bersaing di era globalisasi dan digital 4.0. Salah satu caranya lewat kompetisi Hackathon 2022 bertema, Building and Empowering Indonesia, yang digelar relawan Sahabat Ganjar (Saga) di Surabaya, Jawa Timur.
 
“Ini merupakan sesuatu yang baru dan luar biasa, relawan Sahabat Ganjar telah memberi wadah serta mencetak para generasi muda untuk berinovatif dalam perkembangan aplikasi digital di Jawa Timur ini. Saya senang bisa menjadi bagian dari perubahan yang baik dan luar biasa pada kesempatan kali ini,” ujar salah satu juri kegiatan Hackathon, Bayu Saputra, dalam keterangan tertulis, Minggu, 26 Juni 2022.
 
Juara pada Hackaton Jawa Timur 2022, yaitu tim Victorits dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember dengan prototipe, Circular Economy Super App untuk UMKM dan Rumah Tangga, sebagai juara satu. Lalu, tim Nyehaat.id dari Universitas Ciputra dengan prototipe, Pengembangan Aplikasi Pemesanan Makanan Sehat Berdasarkan Penyakit Pengguna yang Berbasis Android, menjadi juara dua.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terakhir, juara tiga jatuh pada tim Be Your Style dari Universitas Surabaya dengan prototipe, Bestyle: One Stop Solutions Apps for Fashionista.
 
“Ke depannya saya berharap program ini tetap dijalankan karena sangat bermanfaat, kemudian saya berterima kasih sekali karena diberikan wadah untuk berekspresi secara kompetisi digital. Sukses terus Sahabat Ganjar dan Pak Ganjar,” ujar salah satu peserta juara dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Nadya Arisni Putri.

Baca: Gaet Milenial, Relawan Saga Gelar Kompetisi Hackaton di Surabaya

Relawan Saga akan terus mengadakan kegiatan-kegiatan kreatif, membangun, inovatif, serta berdampak kepada masyarakat, khususnya generasi muda. Sebab, ini selaras dengan program yang dibuat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, yaitu mendukung anak-anak muda berperan dalam perubahan yang positif dan berdampak.
 
Hackathon menghadirkan 14 tim yang terpilih berkompetisi mempresentasikan ide dan prototipenya yang telah dirancang sebelumnya. Dalam proses presentasi akan dinilai dewan juri berpengalaman, serta memilih produk mobile app terbaik karya tim mahasiswa yang berpartisipasi.
 
Total hadiah dari kegiatan ini sebesar Rp22,5 juta serta Macbook Pro untuk juara 1, dan piala. Selain itu, ada sertifikat untuk juara 2 dan 3 dalam kategorinya.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif