Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto : Medcom/Ayu.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto : Medcom/Ayu.

Kemenhub Prediksi 16 Juta Pemudik saat Libur Akhir Tahun

Nasional libur natal natal dan tahun baru
Whisnu Mardiansyah • 02 Desember 2019 20:52
Jakarta: Kementerian Perhubungan memprediksi jumlah penumpang arus mudik libur natal dan tahun baru 2020 mencapai 16 juta orang. Peningkatan jumlah penumpang terjadi di masing-masing moda transportasi.
 
"Memang yang paling banyak naik darat karena memang jalan tol banyak bertambah kita prediksikan kira-kira 4 sampai 5 persen (peningkatannya) menjadi 16 juta. Yang lain-lain itu relatif rata, udara mungkin turun sedikit," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 2 Desember 2019.
 
Prediksi total penumpang di musim libur Natal dan Tahun baru mencapai 16,40 juta penumpang. Moda transportasi kereta api masih menjadi primadona para pemudik dengan prediksi penumpang mencapai 5,91 juta penumpang atau meningkat 4,05 persen dibanding tahun lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Moda transportasi bus diprediksi mencapai 1,75 juta penumpang, meningkat 3,55 persen. Sementara moda transportasi pesawat udara dipredikisi mengalami penurunan yang cukup signifikan. Kenaikan harga tiket pesawat salah satu penyebab menurunnya jumlah penumpang.
 
"Jumlah penumpang pesawat diprediksi 5,28 juta menurun 8,4 persen," kata Menhub.
 
Untuk mengatasi lonjakan harga tiket pesawat, Kemenhub berkoordinasi dengan Pertamina dan sejumlah maskapai untuk penyesuaian harga avtur. Penyesuaian harga tiket pesawat diprioritaskan penerbangan ke wilayah Indonesia bagian timur.
 
"Sehingga harga avtur di Indonesia bagian timur relatif lebih murah sehingga memungkinkan aviasi operator ini sudah menerbangi tempat-tempat yang jauh dan terpencil," ungkapnya.
 
Kemenhub menyiapkan 50.317 unit bus, 228 unit kapal roro, 495 unit pesawat, 1.293 kapal ferry, dan 1.866 rangkaian kereta. Menhub mengungkapkan persiapan mudik sudah mencapai 70 persen.
 
"Kita tinggal mengadakan dua pertemuan penting akhir minggu ini kita rapat koordinasi di kantor. Minggu depan kita dengan Kapolri seluruh jajaran di seluruh Indonesia," ujarnya.
 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif