Peran Polri dalam menyukseskan KTT Presidensi G20. Foto: Dok/Screenshot Metro TV
Peran Polri dalam menyukseskan KTT Presidensi G20. Foto: Dok/Screenshot Metro TV

Jelang Perhelatan KTT G20, Polri Siapkan 5.746 Personel Pengamanan

MetroTV • 21 September 2022 19:48
Jalang: Sebagai tuan rumah rangkaian perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Indonesia diharuskan dapat menciptakan situasi  yang aman bagi para tamu negara yang akan hadir. Asisten Operasi Kapolri Irjen. Pol. Agung Setya Imam Effendi menjelaskan, segala upaya mulai dipersiapkan, baik itu personel maupun fasilitas pendukung.
 
“Tentu kita ingin memastikan keamanan dengan menyiapkan personel sebanyak 5.746 yang saat ini sudah bisa di ploting, dan juga personel  cadangan yang siap beroperasi sekitar 1.600,“ kata Agung dalam tayangan Newsline, Metro TV, Rabu, 21 September 2022.
 
Agung menjelaskan segala upaya mitigasi atas gangguan dan ancaman telah dipikirkan, mulai dari ancaman yang tampak hingga tak tampak. Upaya tersebut dilakukan dengan membentuk tim khusus yang siap sewaktu-waktu jika dibutuhkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Gangguan  sekecil apapun kita coba mitigasi,  kita tangani dengan sebaik-baiknya, termasuk gangguan yang bersifat bencana alam yang bisa terjadi dan juga ancaman tidak tampak seperti serangan siber dan lain sebagainya,” tutur Agung.
 
Baca juga: Wapres Ajak G20 Atasi Peningkatan Angka Pengangguran Global
 
Agung menjelaskan pengamanan perhelatan KTT G20 akan dilakukan dengan operasi terpusat. Mulai dari Mabes Polri sampai ke tingkat kewilayahan yaitu Polda di Bali, NTB, dan Jawa Timur.
 
G20 atau Group of Twenty merupakan sebuah forum utama kerja sama ekonomi internasional yang beranggotakan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia, terdiri dari 19 negara dan satu lembaga  Uni Eropa.
 
Terbentuknya G20 pada 1999 atas kekecewaan komunitas internasional terhadap kegagalan G7 dalam mencari solusi terhadap permasalahan perekonomian global.
 
Yang tergabung dalam G20 adalah Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brazil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Perancis, Tiongkok, Turki, dan Uni Eropa. (Imanuel Rymaldi Matatula)

 
(MBM)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif