Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Eksploitasi Anak dan Perdagangan Orang Meningkat Selama Pandemi

Nasional perdagangan anak Kekerasan perlindungan anak Eksploitasi Anak covid-19 pandemi covid-19
Antara • 03 November 2021 01:16
Jakarta: Kasus eksplotasi anak serta tindak pidana perdagangan orang (TPPO) tercatat meningkat signifikan selama pandemi covid-19. Hal ini berdasarkan data Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak (SIMFONI) dari 2019 hingga September 2021.
 
“Kenaikannya terlihat signifikan daripada kekerasan lainnya," ujar Deputi Perlindungan Khusus Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Nahar di Jakarta, Selasa, 2 November 2021.
 
Pada 2019, ada 106 kasus eksploitasi anak. Kasus ini meningkat menjadi 133 di 2020 dan 165 kasus sepanjang 2021. TPPO yang dilaporkan pada 2019 mencapai 111 kasus. Angka itu meningkat menjadi 213 kasus di 2020, dan 256 kasus sepanjang 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Karena beberapa kasus yang ditemukan ada kebutuhan soal ekonomi, kemudian pengawasan orang tua, juga ada kebutuhan lain dari anak, misalnya untuk sekolah dan lain-lain. Tentu ini terus kami lakukan upaya pencegahan, tidak berhenti,” ujar Nahar.
 
Baca: Geger Kasus Perdagangan Bayi di Palembang, Ibu Tega Jual Anak
 
Tidak hanya soal pencegahan, Kementerian PPPA berperan dalam pemulihan korban anak dari trauma akibat tindak kekerasan. Namun yang paling dikhawatirkan, kata Nahar, ialah masa pandemi covid-19 menghambat orang melaporkan kasus kekerasan pada anak.
 
Kementerian PPPA terus memantau perkembangan laporan yang diterima dan menggencarkan berbagai program pencegahan tindak kekerasan pada anak. Layanan dan tenaga-tenaga untuk memastikan kasus ditangani dengan baik juga terus disediakan.
 
“Kalau korban kekerasan tingkat traumatiknya berbeda. Nah, tingkat tekanan dampak berada itu akan menentukan lama tidaknya layanan yang diberikan,” kata Nahar.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif