Kristiani Herawati Yudhoyono (Photo MI Atet Dwi Pramadia)
Kristiani Herawati Yudhoyono (Photo MI Atet Dwi Pramadia)

Dokter Terawan: Ani Sempat Mengalami Gagal Napas

Nasional sby
Githa Farahdina • 01 Juni 2019 12:15
Jakarta: Dokter kepresidenan, Terawan, menyebut Ani Yudhoyono sempat mengalami gagal napas. Itu pula yang membuat istri Presiden ke-6 Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono itu tak sadarkan diri.
 
"Kondisinya tidak sadar karena waktu itu ditidurkan karena mengalami gagal napas. Beliau menggunakan respirator, mau tidak mau ditidurkan," ujar Terawan di National University Hospital di Singapura, Sabtu, 1 Juni 2019.
 
Menurut Terawan, respirator dipasang sejak kemarin malam. Berbagai upaya medis telah dilakukan tim dokter.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Namun upaya maksimal itu ternyata belum membawa hasil, karena ada kehendak yang maha kuasa, yang terbaik," beber dia.
 
Terawan menjelaskan kondisi Ani sempat membaik. Namun, kanker darah yang menyerang Ani membuat kondisinya memburuk beberapa hari belakangan.
 
Ia juga menjelaskan donor sumsum tulang belakang yang sempat akan dilakukan sang adik, Pramono Edhie Wibowo, tak bisa dilakukan. Donor tak bisa dilakukan karena 'perjalanan' penyakit yang menggerogoti tubuh Ani.
 
"Kalau perencanaan sesuai, schedule yang baik, tentu bisa diberikan donor. Namun perjalanan penyakit tidak bisa memungkinkan pendonoran," tegas dia.
 
Ani tutup usia sekitar pukul 11.50 waktu Singapura. Ani rencananya diterbangkan ke Jakarta, Indonesia, sekitar pukul 07.00 waktu Singapura, Minggu, 2 Juni 2019. Jenazah akan disemayamkan di kediaman SBY di Cikeas, Jawa Barat.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif