Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol Boy Rafli Amar. Istimewa
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol Boy Rafli Amar. Istimewa

BNPT Gandeng Muhammadiyah Perkuat Moderasi Beragama

Kautsar Widya Prabowo • 02 April 2022 19:05
Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) terus berupaya mencegah penyebaran paham radikal. Salah satunya dengan penguatan prinsip moderasi beragama. 
 
Konsep penguatan moderasi beragama membutuhkan dukungan berbagai pihak. Salah satunya dengan dukungan Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah. 
 
"Kerjasama yang baik dengan PP Muhammadiyah sangat penting dalam rangka penguatan moderasi beragama. Tokoh-tokoh agama Muhammadiyah bisa memberikan masukan kepada kami," kata Kepala BNPT, Komjen Boy Rafli Amar, dalam keterangan tertulis, Sabtu, 2 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: BNPT: Perempuan Berpotensi Tinggi Jadi Sasaran Radikalisme
 
Sementara itu, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan moderasi beragama adalah model yang sangat cocok dalam menangkal narasi radikal terorisme. Terlebih, Indonesia memiliki iklim yang moderat. 
 
"Dari segi sejarah dimana agama-agama masuk ke Indonesia juga ada bermacam-macam agama dan tidak ada perang. Pendidikan moderasi itu hasilnya long-term. BNPT tidak berjalan sendirian dalam menguatkan moderasi beragama," kata Haedar.
 
Selain itu, ia menyebut anak muda yang menjadi target propaganda radikal terorisme harus dilindungi. Pemikiran radikal yang ingin mengganti haluan negera dengan sistem agama adalah kekeliruan yang fatal.
 
"Indonesia negara Pancasila itu sejalan dengan Islam. Hasil Ijtihad dari pemuka agama dan para ulama. Maka tidak perlu lagi mencari bentuk negara lain," jelasnya.

 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif