Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Pemerintah Anjurkan Pakai Masker Ini Selama PPKM Level 4

Nasional Virus Korona Kemendagri masker bedah covid-19 pandemi covid-19 Satgas Covid-19 ppkm PPKM Darurat
Cindy • 21 Juli 2021 14:26
Jakarta: Pemerintah mengganti istilah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masarakat (PPKM) Darurat menjadi PPKM Level 4 untuk Jawa dan Bali. Pada PPKM ini, pemerintah mengatur jenis masker yang sebaiknya dipakai saat beraktivitas. 
 
Ketentuan itu diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 22 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 di Wilayah Jawa dan Bali. Aturan ditandatangani Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian pada Selasa, 20 Juli 2021.
 
"Jenis masker yang akan lebih melindungi sebagai contoh masker bedah sekali pakai lebih baik dari masker kain," dikutip dari Instruksi Mendagri Nomor 22 Tahun 2021, Rabu, 21 Juli 2021. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Begini Aturan Pelaku Perjalanan Selama PPKM Level 4
 
Efektivitas perlindungan masker kain dinilai lebih rendah dibandingkan masker bedah. Sementara itu, masker N95 dinilai memberi perlindungan lebih tinggi dibanding masker bedah.
 
Pemerintah juga menganjurkan penggunaan masker dua lapis yakni masker bedah dan masker kain. Lapisan pertama menggunakan masker bedah sekali pakai, lalu ditambah masker kain di bagian luar. 
 
Selain itu, penggunaan masker sebaiknya rutin diganti setelah dipakai lebih dari empat jam. Masker wajib dipakai saat beraktivitas di luar rumah.  
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif