Jakarta: Indikator Politik Indonesia melihat jenis media yang cenderung digunakan masyarakat mencari informasi atau berita sosial dan politik. Mayoritas masyarakat menggunakan media daring dalam melihat berita.
"Sebanyak 50 persen dari responden ini mengatakan setiap hari mengikuti berita sosial atau politik tingkat daerah dan nasional," kata peneliti utama Indikator Politik Indonesia Rizka Halida saat dikutip dari akun YouTube Indikator Politik Indonesia, Rabu, 20 April 2022.
Media lain yang menjadi sumber pemberitaan, yaitu televisi. Jumlah responden yang menjadikan televisi setiap hari sebagai sumber informasi, yaitu 39 persen.
Kemudian, tujuh persen responden memilih koran sebagai sumber berita. Lalu, enam persen responden memilih radio.
Rizka menjelaskan secara umum aktivitas responden saat menggunakan media internet. Paling banyak untuk komunikasi, yaitu 60,8 persen.
Baca: Internet Menjadi Pilihan Media Utama Masyarakat Indonesia
Sedangkan, tujuan masyarakat menggunakan internet untuk hiburan sebesar 25,3 persen, mengikuti berita terkini 24,3 persen, pendidikan 17,1 persen, bermain game online 10,4 persen, siraman rohani 10 persen, dan lainnya 2,5 persen
Survei dilakukan secara daring pada 21 Februari hingga 16 Maret 2021. Jumlah responden sebesar 733 orang yang dipilih dengan metode simple random sampling. Margin of error penelitian tersebut lebih kurang 3,7 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.
Jakarta: Indikator Politik Indonesia melihat jenis
media yang cenderung digunakan masyarakat mencari informasi atau berita sosial dan politik. Mayoritas masyarakat menggunakan
media daring dalam melihat berita.
"Sebanyak 50 persen dari responden ini mengatakan setiap hari mengikuti berita sosial atau politik tingkat daerah dan nasional," kata peneliti utama Indikator Politik Indonesia Rizka Halida saat dikutip dari akun YouTube Indikator Politik Indonesia, Rabu, 20 April 2022.
Media lain yang menjadi sumber pemberitaan, yaitu
televisi. Jumlah responden yang menjadikan televisi setiap hari sebagai sumber informasi, yaitu 39 persen.
Kemudian, tujuh persen responden memilih koran sebagai sumber berita. Lalu, enam persen responden memilih radio.
Rizka menjelaskan secara umum aktivitas responden saat menggunakan media internet. Paling banyak untuk komunikasi, yaitu 60,8 persen.
Baca:
Internet Menjadi Pilihan Media Utama Masyarakat Indonesia
Sedangkan, tujuan masyarakat menggunakan internet untuk hiburan sebesar 25,3 persen, mengikuti berita terkini 24,3 persen, pendidikan 17,1 persen, bermain game online 10,4 persen, siraman rohani 10 persen, dan lainnya 2,5 persen
Survei dilakukan secara daring pada 21 Februari hingga 16 Maret 2021. Jumlah responden sebesar 733 orang yang dipilih dengan metode
simple random sampling.
Margin of error penelitian tersebut lebih kurang 3,7 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(AZF)