Kopaska Temukan Bagian Mesin Lion Air PK-LQP
Bagian mesin pesawat yang ditemukan tim penyelam Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI Angkatan Laut di perairan Karawang. dok. Kopaska Koarmada I.
Karawang: Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI Angkatan Laut berhasil menemukan bagian mesin pesawat Lion Air PK-LQP. Bagian mesin itu berupa turbin pesawat.

Komandan Satuan Kapal Patroli Lantamal III Jakarta Kolonel Laut (P) Salim mengatakan turbin pesawat nahas itu ditemukan tak jauh dari titik penemuan kotak hitam. Saat ini, turbin pesawat tersebut masih berada di dasar laut.

"Sedang dikoordinasi (pengangkatan) antara mau diangkat sendiri atau pakai peralatan," kata Salim di KRI Sikuda, Karawang, Jawa Barat, Jumat, 2 November 2018.


Kopaska TNI AL juga berhasil menemukan salah satu roda pesawat Lion Air JT 610 itu. Roda tersebut telah diangkat dan berada di atas KRI Banda Aceh.

Baca: Arus Bawah Laut Samarkan Jejak Lion Air PK-LQP

"Telah diangkat sebuah roda, siang jam 11.00 atau 12.00 WIB, kemungkinan besok dibawa ke JICT (Jakarta International Container Terminal Tanjung Priok) ," tambahnya.

Arus bawah laut yang cukup deras di perairan Karawang tak mengganggu proses evakuasi yang dilakukan Kopaska TNI AL. Prajurit TNI tetap menyelam mengevakuasi serpihan dan korban dari pesawat nahas itu.

"Penyelam tetap melaksanakan tugasnya kebawah melakukan evakuasi terus secara bergantian ," tegas Salim.

Penemuan turbin pesawat itu didokumentasikan dalam video berdurasi satu menit. Dalam video itu terlihat banyak serpihan dari pesawat Lion Air rute Jakarta-Pangkal Pinang itu di dasar laut.








(DRI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id