Kepala BRG Nazir Foead. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.
Kepala BRG Nazir Foead. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.

680 Ribu Hektare Lahan Gambut Direstorasi dalam Tiga Tahun

Nasional gambut badan restorasi gambut restorasi lahan gambut
Theofilus Ifan Sucipto • 29 Januari 2019 13:03
Jakarta: Badan Restorasi Gambut (BRG) merestorasi ekosistem gambut hingga hampir 680 ribu hektare selama tiga tahun. Titik panas dalam radius dua kilometer dari lokasi infrastruktur pembasahan gambut menjadi sangat kecil, di bawah 10 persen.
 
"Dalam tiga tahun BRG berhasil membasahi 679.901 hektare area target restorasi ekosistem gambut," kata Kepala BRG Nazir Foead dalam acara peringatan Tiga Tahun Restorasi Gambut di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat, Selasa 29 Januari 2019.
 
Menurut dia, hasil positif ini tidak lepas dari kontribusi berbagai pihak yang bekerja sama dengan BRG. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), aparat keamanan, pemerintah daerah, hingga masyarakat dianggap punya andil besar dalam capaian ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, Nazir tidak cepat puas diri. BRG, kata dia, ingin memantapkan komitmen para pihak dalam meningkatkan kinerja restorasi ekosistem gambut di Indonesia. Tugas BRG pun masih panjang dan membutuhkan kerja keras untuk mencapai target yang diinginkan pada 2020.
 
"Target kami di 2020 adalah dua juta hektare lahan gambut sukses direstorasi," beber Nazir.
 
Baca: Agar Restorasi Gambut Tak Sia-sia
 
Sementara itu, BRG adalah lembaga nonstruktural yang dibentuk pada 6 Januari 2016 melalui Peraturan Presiden Nomor 1 Tahun 2016 tentang BRG. BRG bertanggung jawab pada presiden untuk mempercepat pemulihan dan pengembalian fungsi hidrologis gambut akibat kebakaran.
 
Lembaga ini aktif di 262 desa yang terbagi dalam tujuh provinsi. Wilayah ini meliputi Riau, Jambi, Sumatra Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Papua.
 

 

(OGI)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif