Agar Restorasi Gambut Tak Sia-sia
Pelatihan pemadaman kebakaran jadi salah satu program Kampung Gambut Berdikari. Foto: Istimewa
Jakarta: Pengamat lingkungan hidup Berry Nahdian Furqon mengingatkan banyak program restorasi gambut yang dilakukan pemerintah maupun korporasi cenderung gagal. Penyebabnya, program yang dilakukan hanya fokus pada pengembalian fungsi ekologi lahan gambut. 

"Pemberdayaan masyarakat banyak diabaikan. Padahal, dengan melibatkan masyarakat,  restorasi gambut menjadi berkelanjutan,” kata Berry melalui keterangan tertulis, Jumat, 16 November 2018.

Dalam konteks itu, Berry menyambut baik program Kampung Gambut Berdikari di Sungai Pakning Bengkalis, Riau. Menurut dia, program yang digagas Pertamina tersebut telah mengintegrasikan antara pemulihan lingkungan dengan pemberdayaan masyarakat. 


"Program itu bisa menginspirasi. Ada perbaikan lingkungan, kemudian masyarakat juga lebih berdaya dan ekonominya lebih maju,” kata Berry. 

Kampung Gambut Berdikari dinilai efektif dalam mengelola lingkungan berkelanjutan pada lahan yang rentan terbakar. Sebagai bukti, program ini berhasil menerima berbagai penghargaan. 

Antara lain, Dharma Krida Baraya Adikarya Anugraha dalam gelaran 7th UNS Summit, Expo & Awards 2018. Kampung Gambut Berdikari juga memperoleh penghargaan dari Indonesian Sustainable Development Goals Award (ISDA) dan CSR Nusantara Award.

Program Kampung Gambut Berdikari melibatkan masyarakat dengan memberi bantuan peralatan pemadam, pembentukan Forum Komunikasi Masyarakat Peduli Api (Forkompa), hingga pelatihan pemadaman. 

Masyarakat juga diajarkan bagaimana membudidayakan tanaman di lahan bekas terbakar. Program ini juga membina sembilan sekolah dasar di Kecamatan Bukit Batu dengan memberi porsi edukasi yang tinggi terhadap persoalan lingkungan. Kampung Gambut Berdikari pun tengah mengembangkan arboretum gambut pertama di Sumatera dan menjadikannya sebagai sarana eduwisata yang dikelola masyarakat. 

"Pelibatan ini menjadikan masyarakat merasa bertanggung jawab untuk turut serta melestarikan dan memelihara lahan gambut. Apalagi lahan itu juga memberi peningkatkan kesejahteraan bagi mereka," kata Berry.






(UWA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id