Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Indonesia Kembangkan Laboratorium Drive Thru

Nasional Virus Korona virus corona
Nur Azizah • 21 Mei 2020 16:31
Jakarta: Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mengembangkan mobile laboratorium Bio Safety Level-2 (BSL-2) atau lab drive thru. Fasilitas berstandar organisasi kesehatan dunia (WHO) itu siap beroperasi secara massal dalam waktu dekat.
 
"Kami telah merampungkan pembangunan mobile Lab, atau Laboratorium Bio Safety Level 2 (BSL-2), yang dapat beroperasi secara mobile," kata Kepala BPPT Hammam Riza dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Kamis, 21 Mei 2020.
 
Mobile Lab BSL-2 ini dibangun di atas kontainer untuk memudahkan mobilisasi dan pengiriman ke berbagai daerah. Fasilitas ini untuk memudahkan pelaksanaan uji polymerase chain reaction (PCR) mendeteksi paparan korona atau (covid-19).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lab drive thru juga dilengkapi bio-safety cabinet, dan sistem pemprosesan limbah medis. Perlengkapan itu untuk mencegah virus menginfeksi penguji atau ke luar lingkungan.
 
Baca:Pasien Korona Bertambah 973 Orang Hari Ini
 
Hamam menjamin keamanan lingkungan laboratorium portabel itu. Alur pengujian telah dibuat satu arah (unidirectional flow) untuk mencegah kontaminasi.
 
"Sistem pencatatan sampel dan pelaporan hasil juga terintegrasi, mencegah kesalahan pelaporan," beber Hammam.
 
Keunggulan lab drive thru yakni mobilisasi tinggi dengan pengoperasian yang cepat dan membantu pengolahan sampel dari rumah sakit dan laboratorium. Sementara rumah sakit yang sudah mengoperasikan mobile lab BSL-2 ini ialah Rumah Sakit Ridwan Meuraksa, Jakarta Timur.
 

(ADN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif