Presiden Joko Widodo bertemu dengan wali kota - Medcom.id/Yogi Bayu Aji.
Presiden Joko Widodo bertemu dengan wali kota - Medcom.id/Yogi Bayu Aji.

Walkot Sarankan Pemeliharaan Jalan Nasional Diserahkan ke Pemkot

Yogi Bayu Aji • 23 Juli 2018 13:27
Bogor: Jajaran wali kota menyarankan Presiden Joko Widodo agar menyerahkan pemeliharaan jalan nasional maupun provinsi kepada pemerintah kota (pemkot). Ini mengingat pemkot kerap dikambinghitamkan masyarakat saat ada jalan rusak.
 
"Banyak jalan nasional ataupun jalan provinsi terkadang penanganannya terlambat sehingga jalannya menjadi rusak. Yang dikomplain wali kota," kata Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany, di sela pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin, 23 Juli 2018.
 
Pihaknya ingin daerah tingkat II atau kota bisa mengalokasikan atau diberikan alokasi anggaran dari pusat untuk melihara jalan nasional. Pemeliharaan jalan nasional diharap tidak tumpang tindih.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena kalau aset pusat atau provinsi kita tak boleh melakukan pemeliharaan sedangkan masyarakat kan komplain ke kita langsung kalau ada jalan rusak dan lain-lainnya," jelas dia.
 
Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut, mengamini masalah ini. Dia menjelaskan, masyarakat kerap tak mau tahu pihak yang bertanggung jawab atas kerusakan jalan. Wali kota pun jadi sasaran warga. 
 
"Untuk pemeliharan, diminta diserahkan ke kota, agar kita bisa lebih cepat menangani, bisa tambal-tambal dulu. Nah, kalau sekarang kita kan nggak bisa. Kalau dikerjakan bisa salah kita. Dipelihara diserahkan ke kota tanpa melihat jalan nasional atau kota," jelas Vicky.
 
(Baca juga: Pemkab Sleman Anggarkan Rp155 Miliar untuk Perbaikan Jalan)
 

 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif