Wapres JK bersama Sekjen FIBA Andreas Zakglis. (Foto: Dok./Istimewa)
Wapres JK bersama Sekjen FIBA Andreas Zakglis. (Foto: Dok./Istimewa)

Jakarta Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Basket 2023

Nasional Olimpiade 2032
Arga sumantri • 18 Mei 2019 11:08
Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla menemui petinggi Federasi Basket Internasional (FIBA) di sela kunjungan kenegaraannya di Swiss. Kunjungan ini dalam rangka menunjukkan komitmen dan kesiapan pemerintah Indonesia sebagai tuan rumah bersama kejuaraan dunia bola basket FIBA 2023.
 
Dalam kunjungannya, Kalla didampingi Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Wakil Menteri Luar Negeri Abdurrahman M Fachir, Wakil Tetap RI di Jenewa Hasan Kleib, dan Erick Thohir selaku anggota FIBA Central Board. Rombongan diterima Sekjen FIBA Andreas Zagklis, Chief Financial Officer Patrick Mariller, dan Special Advisor to FIBA Secretary General Michel Filliau.
 
Erick menjelaskan, pertemuan itu berlangsung sekitar 45 menit. Dalam pertemuan itu, pemerintah menegaskan kesiapan, keseriusan, dan dukungannya dalam setiap kegiatan olahraga internasional yang berlangsung di Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Apalagi ini kali pertama Jakarta menjadi tuan rumah kejuaraan dunia basket sehingga ajang ini sangat bergengsi", kata Erick melalui keterangan tertulis, Sabtu, 18 Mei 2019.
 
Baca juga:Erick Thohir Ingin Bentuk Panitia Penyelenggara Olimpiade 2032
 
Menurut Erick, FIBA sangat merespons positif kesiapan Indonesia. FIBA juga berharap ajang piala dunia basket nanti bisa menjadi nilai tambah di mata Komite Olimpiade Internasional (IOC) dalam mempertimbangkan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2032.
 
"Mereka (FIBA) juga memberikan dukungan penuh keinginan kita menjadi tuan rumah Olimpiade 2032," ucap Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) itu.
 
Erick menambahkan Sekjen FIBA, Andreas Zagklis juga sangat antusias menerima kedatangan Kalla dan rombongan. FIBA berharap perkembangan olah raga basket di Indonesia semakin meningkat seiring penunjukkan Jakarta sebagai tuan rumah piala dunia basket. FIBA juga berharap masyarakat Indonesia semakin antusias terhadap olahraga bola basket.
 
"Perlu diketahui, bola basket merupakan olahraga beregu nomor satu di ajang Olimpiade," ungkap Erick.
 
Pada kesempatan itu, Erick juga menyampaikan kalau organisasi Persatuan Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) akan segera menyiapkan tim nasionalnya. Erick berharap timnas basket Tanah Air mampu bersaing dengan tim mancanegara.
 
Jakarta akan menjadi salah satu kota penyelenggara kejuaraan dunia basket yang pertama kali digelar tahun 1950. Jakarta menjadi tuan rumah bersama dua kota Asia lainnya, yakni Manila (Filipina) dan Okinawa (Jepang). Dengan adanya kejuaraan dunia di 2023, pecinta bola basket di Tanah Air diharaokan dapat melihat langsung bintang-bintang basket dunia berlaga di Jakarta
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif