Ilustrasi--Kendaraan arus mudik antre di pintu keluar tol Brebes Timur, Jawa Tengah, Sabtu (23/12)--Antara/Oky Lukmansyah
Ilustrasi--Kendaraan arus mudik antre di pintu keluar tol Brebes Timur, Jawa Tengah, Sabtu (23/12)--Antara/Oky Lukmansyah

Polri: Puncak Arus Balik Diprediksi 1 Januari

Nasional tahun baru natal
Lukman Diah Sari • 26 Desember 2017 14:18
Jakarta: Kondisi jalan Ibu Kota saat ini lengang. Kondisi jalan cenderung sepi dampak dari ribuan kendaraan keluar dari Ibu Kota.
 
"Mungkin ke Bandung, Jawa Timur, Bali, dan lain-lain," kata Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen M Iqbal di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa, 26 Desember 2017.
 
Dia melanjutkan, untuk titik kemacetan seperti di Nagreg, Jawa Barat, Cikopo, Jawa Barat, dan di pintu tol menuju Pantura juga Pantai Selatan, belum tampak. "Pelonjakan angka kendaraan diprediksi nanti malam. Akan mulai arus balik, tapi enggak begitu banyak," jelasnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Dia memprediksi puncak arus balik terjadi pada 1 Januari 2018, malam. Kepolisian akan menyiagakan personel untuk pengalihan arus.
 
"Tanggal 2 Desember 2017 kita terakhir masuk dinas. Yang ngantor akan masuk kembali kerja. Yang pulang malam ini diprediksi orang-orang atau masyarakat yang ingin merayakan pergantian tahun di Jakarta," tuturnya.
 
Baca: Arus Balik Libur Natal Diprediksi Terjadi Dua Tahap
 
Selain itu, lonjakan pada situasi normal, kata dia, bakal terjadi pada 7 Januari 2018 lantaran berdekatan dengan masuk masa sekolah. "Pasca-pengamanan ibadah Natal, kita konsentrasi pada malam pergantian tahun. Sasarannya bagaimana kami rekayasa lalu lintas. Prinsipnya situasional," tandas dia.
 

(YDH)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif