Buruh Bekasi Diminta Antisipasi Revolusi Industri 4.0

Fachri Audhia Hafiez 01 Mei 2018 14:14 WIB
may dayhari buruh
Buruh Bekasi Diminta Antisipasi Revolusi Industri 4.0
May Day di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.
Jakarta: Buruh di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, diminta bersiap menghadapi era revolusi industri 4.0. Kualitas dan kuantitas pekerja pun perlu ditingkatkan.

"Mau tidak mau semua stakeholder harus bisa menyongsong ini semua, khususnya di Kabupaten Bekasi tidak hanya menjadi penonton di daerahnya sendiri," kata Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kota dan Kabupaten Bekasi Rahmat Abdullah di dalam acara May Day 2018 di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, Selasa, 1 Mei 2018.

Menurut dia, pemerintah harus memperhatikan kualitas para buruh di daerah agar melek teknologi. Salah satunya, pemerintah harus mengadakan kerja sama dalam dunia pendidikan dan industri untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).


"Mewujudkan hidup layak tidak cukup dengan teriak, 'hidup buruh, hidup buruh'. Tapi, kita harus duduk bersama dan merancang apa yang kita hadapi dalam rangka menghadapi tantangan jaman," ucap Abdullah.

Baca: Sandi: May Day Harus Penuh Cinta Kasih

Di sisi lain, dunia kini tengah mengalami revolusi industri 4.0 yang identik dengan penggunaan teknologi internet dan digitalisasi. Pemerintah Indonesia telah menyusun roadmap industri 4.0 dengan bantuan sejumlah pihak. 

Roadmap diharapkan dapat meningkatkan daya saing industri nasional di kancah global. Indonesia diproyeksikan untuk masuk sebagai 10 besar ekonomi dunia di 2030.





(OGI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id