Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. Medcom.id/Citra Larasati
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. Medcom.id/Citra Larasati

Penerapan PPKM Level 3 Saat Nataru Disertai Wajib Vaksin

Nasional Virus Korona natal dan tahun baru PPKM PPKM level 3
Antara • 20 November 2021 03:42
Jakarta: Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 selama Natal dan tahun baru disertai dengan kewajiban vaksin. PPKM level 3 di seluruh Indonesia mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.
 
Muhadjir mengatakan sesuai arahan Presiden, pada liburan Natal dan Tahun Baru 2022 tidak ada penyekatan. Namun, orang yang bepergian harus dalam keadaan sehat dengan cara memastikan status vaksinasi yang bersangkutan serta melalui hasil tes usap.
 
"Siapa saja yang mau bepergian supaya segera menggunakan aplikasi PeduliLindungi, kemudian harus vaksin. Yang belum vaksin harus vaksin, diusahakan sudah vaksin kedua. Selain itu, sebelum berangkat juga dilakukan tes swab," ujar Muhadjir dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat, 19 November 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemerintah juga akan memastikan pengecekan dan pemantauan perjalanan hingga tempat tujuan bekerja sama dengan Polri. Tidak hanya lokasi mudik, tujuan perjalanan seperti tempat wisata akan diawasi ketat.
 
Polri siap melakukan vaksinasi di tempat bila menemukan pelaku perjalanan belum mendapatkan suntikan vaksinasi. "Akan tetapi, seyogianya kalau tidak ada urusan yang primer dan mendesak, sebaiknya hindari bepergian pada Natal dan tahun baru," ujar Muhajir.
 
Dia tidak memungkiri tetap ada kemungkinan pergerakan masyarakat besar-besaran pada Natal dan tahun baru. Sebagai langkah antisipasi, Pemerintah telah mengatur sejak awal ASN, TNI, Polri, termasuk pegawai BUMN, dilarang mengambil cuti pada masa Natal dan tahun baru.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif