Diskusi bertajuk 'Meningkatkan Layanan, Merangkai Konektivitas' - Medcom.id/Nur Azizah.
Diskusi bertajuk 'Meningkatkan Layanan, Merangkai Konektivitas' - Medcom.id/Nur Azizah.

Layanan AirNav Diganjar Predikat Excellent

Nasional penerbangan airnav
Nur Azizah • 20 Februari 2019 16:27
Padang: Indonesia National Air Carriers Association (INACA) memberikan predikat excellent untuk layanan navigasi penerbangan yang diberikan AirNav Indonesia sepanjang tahun 2018. Predikat itu berdasarkan penilaian dari maskapai penerbangan yang beroperasi di wilayah udara Indonesia.
 
Direktur Utama AirNav Indonesia, Novie Riyanto mengatakan, ada beberapa aspek penilaian, salah satunya aspek Service Quality Index (SQI).
 
Tahun 2018, SQI AirNav Indonesia meningkat menjadi 4,3 poin dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai 4,07 poin. SQI didapatkan melalui perpaduan antara Cockpit Crew Satisfaction Index (CCSI) dengan proporsi nilai 80% dan Observed Quality Index (OQI) dengan proporsi nilai 20%.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


CCSI ditentukan melalui metode survei dan wawancara Proportionate Stratified Random Sampling (PSRS) terhadap 1.015 pilot on duty yang mendarat di lokasi survei, yang terdiri dari 844 pilot rute domestik dan 171 pilot rute internasional.
 
Pertanyaan yang diajukan seputar kualitas layanan navigasi penerbangan seperti kualitas komunikasi penerbangan, informasi penerbangan, informasi cuaca, prosedur layanan navigasi penerbangan dan kualitas personel navigasi penerbangan yang memberikan layanan tersebut.
 
(Baca juga: AirNav Gelontorkan Rp2,6 Triliun Tingkatkan Layanan)
 
“Sinergi dengan seluruh stakeholder penerbangan adalah kunci keberhasilan dalam merangkai konektivitas udara. Kami mengapresiasi salah satu mitra strategis kami yaitu INACA yang telah memberikan predikat excellent untuk layanan navigasi penerbangan. Capaian ini tidak akan membuat kami terlena, justru menjadi pelecut semangat baru untuk terus meningkatan layanan navigasi penerbangan,” tutur Novie dalam diskusi bertajuk 'Meningkatkan Layanan, Merangkai Konektivitas' di Padang pada Rabu, 20 Februari 2019. 
 
Selain CCSI, yang menjadi indikator penilaian ialah Observed Quality Index (OQI). OQI merupakan observasi langsung Tim INACA ke 10 cabang AirNav Indonesia seperti di Jakarta Air Traffic Services Canter (JATSC), Makassar Air traffic Services Center (MATSC), Balikpapan, Tanjung Pinang, Bandung, Denpasar, Medan, Sentani, Surabaya, dan Ternate.
 
Survei ini dilakukan untuk meninjau kompetensi personel navigasi penerbangan, APP room, ACC room (khusus JATSC dan MATSC), briefing office, ruang administrasi dan keuangan, keamanan lingkungan kerja, fasilitas komunikasi, fasilitas navigasi penerbangan, fasilitas otomasi dan fasilitas surveillance. Pada tahun 2018, nilai OQI meningkat menjadi 4,43 dari sebelumnya 4,25 pada tahun 2017.
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif