Ilustrasi media sosial. Foto: Istimewa
Ilustrasi media sosial. Foto: Istimewa

Media Sosial Paling Hits 2025: YouTube, Instagram atau TikTok?

Annisa ayu artanti • 28 Agustus 2025 19:06
Jakarta: Kebiasaan masyarakat Indonesia dalam mengonsumsi media kini makin dinamis. Dari layar streaming, audio, hingga media sosial, semuanya dipadukan sesuai kebutuhan pribadi. Perubahan ini terutama digerakkan oleh Generasi Z (Gen Z) yang punya gaya konsumsi media sendiri.
 
Laporan terbaru YouGov Indonesia Media Consumption Report 2025 menunjukkan bahwa tidak ada lagi satu platform dominan. Sebaliknya, masyarakat semakin fleksibel dalam memilih cara berinteraksi dengan media: bisa lewat TV, radio, podcast, atau media sosial.
 
“Di lanskap media yang semakin terpecah, konsumsi media adalah pengalaman yang aktif, emosional, dan sangat dipengaruhi generasi,” ujar General Manager YouGov Indonesia & India Edward Hutasoit dalam keterangan tertulis, Kamis, 28 Agustus 2025.

Gen Z: Generasi multi-screen dan podcast lover

Gen Z jadi kelompok yang paling banyak menghabiskan waktu online. Mereka bisa mengakses media lebih dari 5 jam sehari, baik di hari kerja (16 persen) maupun akhir pekan (23 persen).

Podcast juga semakin digemari. Sebanyak 45 persen Gen Z mendengarkan podcast lebih dari satu jam per hari. Konten audio dianggap lebih personal, mendalam, dan sesuai dengan kebutuhan mereka.
 
Baca juga: Bikin Bisnismu Makin Cuan! 10 Cara Jitu Maksimalkan Media Sosial di 2025

TV masih bertahan di generasi lebih tua

Meski Gen Z mulai meninggalkan televisi, media ini tetap relevan bagi generasi yang lebih tua.
 
Sebanyak 52 persen masyarakat Indonesia masih menonton TV siaran langsung, bahkan naik menjadi 61 persen di kalangan orang tua.
 
Hampir separuh Gen Z justru menonton TV kurang dari satu jam per hari.
 
Radio kini makin jarang didengar. Hanya 4 persen orang Indonesia yang masih mendengarkan radio setiap hari, mayoritas dari kalangan tua milenial berpenghasilan tinggi.
 
Sebaliknya, podcast naik daun dan banyak digemari audiens muda. Gen Z menyumbang 58 persen pendengar podcast harian.
 
Di ranah musik digital, Spotify menjadi platform audio terpopuler dengan 81 persen pengguna Indonesia memakainya. Angka ini 10 kali lipat lebih tinggi dibanding Apple Music yang ada di posisi kedua.

YouTube dan Instagram jadi media sosial paling populer

Media sosial kini tak hanya jadi sarana hiburan, tapi juga wadah eksplorasi, tempat membuat keputusan, bahkan belanja online.
 
Sebanyak 81 persen masyarakat Indonesia aktif di media sosial. Dari jumlah itu, 61 persen pengguna harian adalah Gen Z.
 
YouTube dan Instagram menjadi platform paling populer, diikuti TikTok yang tumbuh paling cepat. Hampir 2 dari 3 Gen Z mengatakan penggunaan TikTok mereka meningkat dibanding tahun lalu.
 
Media sosial juga memengaruhi perilaku belanja. 73 persen pengguna mengaku pernah membeli produk setelah melihat iklan di media sosial, dan angkanya lebih tinggi di kalangan perempuan (78 persen).
 
Selain itu, 72 persen pengguna melakukan multitasking lintas media—misalnya sambil menonton YouTube, scrolling Instagram, atau membuka TikTok. 
 
Temuan YouGov menegaskan bahwa masyarakat Indonesia tak lagi terpaku pada satu saluran. Baik menyalakan radio saat perjalanan, mendengarkan podcast sebelum tidur, atau belanja lewat Instagram, semua jadi bagian dari gaya hidup digital.
 
“Dari perubahan preferensi platform hingga meningkatnya perilaku multi-screen, kami melihat sinyal yang jelas tentang arah audiens ke depan. Tantangan sekaligus peluangnya adalah bagaimana menerjemahkan wawasan ini menjadi strategi konten yang lebih cerdas, kampanye yang lebih relevan, serta pengalaman digital yang lebih inklusif,” jelas Edward.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(ANN)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan