medcom.id, Kotawaringin Barat: Tim SAR gabungan kini fokus mencari kotak hitam (black box) AirAsia QZ8501. Tim memfokuskan pencarian di ekor pesawat untuk memastikan apakah mesin perekam data penerbangan masih ada.
"Black box kena air garam bisa karatan. Biar tak bersinggungan dengan udara, harus direndam sampai Jakarta, baiknya air tawar. Tidak bersinggungan dengan udara," kata nvestigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Nurcahyo Utomo di Pangkalan Udara Iskandar, Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Kamis (8/1/2015).
Black box terdiri dua bagian: Voice Data Recorder (VDR) dengan berat sekitar 13 kilogram dan Cockpit Voice Recorder (CVR) dengan berat 11 kilogram. VDR berfungsi untuk merekam data mesin dan jalur yang dilewati pesawat.
Sedangkan CVR merekam semua kejadian yang terjadi di kokpit, mulai dari suara kapten, pramugari, dan percakapan yang terjadi. Kedua alat ini, terdapat di bagian kanan bagian atas ekor pesawat.
Karat akan menjadi batu sandungan untuk membaca kotak hitam. Kotak hitam, kata dia, masih bisa dibaca meskipun terbakar. Namun, kotak hitam sulit dibaca jika karatan. Kotak hitam juga bisa bertahan dari bantingan jika ditekan dengan beban lebih dari dua ton.
"Berita yang beredar, black box tahan bakar 1000 derajat. Tahan tekanan dua ton," tandas Nurcahyo.
medcom.id, Kotawaringin Barat: Tim SAR gabungan kini fokus mencari kotak hitam (
black box) AirAsia QZ8501. Tim memfokuskan pencarian di ekor pesawat untuk memastikan apakah mesin perekam data penerbangan masih ada.
"
Black box kena air garam bisa karatan. Biar tak bersinggungan dengan udara, harus direndam sampai Jakarta, baiknya air tawar. Tidak bersinggungan dengan udara," kata nvestigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Nurcahyo Utomo di Pangkalan Udara Iskandar, Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Kamis (8/1/2015).
Black box terdiri dua bagian:
Voice Data Recorder (VDR) dengan berat sekitar 13 kilogram dan
Cockpit Voice Recorder (CVR) dengan berat 11 kilogram. VDR berfungsi untuk merekam data mesin dan jalur yang dilewati pesawat.
Sedangkan CVR merekam semua kejadian yang terjadi di kokpit, mulai dari suara kapten, pramugari, dan percakapan yang terjadi. Kedua alat ini, terdapat di bagian kanan bagian atas ekor pesawat.
Karat akan menjadi batu sandungan untuk membaca kotak hitam. Kotak hitam, kata dia, masih bisa dibaca meskipun terbakar. Namun, kotak hitam sulit dibaca jika karatan. Kotak hitam juga bisa bertahan dari bantingan jika ditekan dengan beban lebih dari dua ton.
"Berita yang beredar,
black box tahan bakar 1000 derajat. Tahan tekanan dua ton," tandas Nurcahyo.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(DOR)