Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron dan Duta Besar Mesir untuk Indonesia Ashraf Sultan. Foto: Medcom.id/ Candra Yuri Nuralam
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron dan Duta Besar Mesir untuk Indonesia Ashraf Sultan. Foto: Medcom.id/ Candra Yuri Nuralam

Mesir Gandeng KPK Perkuat Kerja Sama Antikorupsi

Nasional antikorupsi
Candra Yuri Nuralam • 06 Maret 2020 01:09
Jakarta: Perwakilan Kedutaan Besar Mesir di Jakarta mendatangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini, 5 Maret 2020. Kunjungan dalam rangka usulan kerja sama upaya pemberantasan korupsi dari perspektif Islam.
 
"Kami bekerja sama bagaimana kesadaran bahwa korupsi itu bukan hanya terlarang juga merugikan dan dalam pandangan agama adalah haram itu yang kita akan kembangkan," kata Wakil Ketua KPK Nuruh Ghufron di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis 5 Maret 2020.
 
Ghufron menjelaskan, ada dua alasan Mesir menggandeng Indonesia dalam kerja sama antikorupsi. Pertama, kata dia, kedua negara ini merupakan negara muslim terbesar di dunia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Kasus Pencucian Uang Jadi Prioritas Firli Cs
 
"Kedua, Indonesia dan Mesir sama sama negara berkembang yang menuju negara maju yang diperkirakan (pada tahun) 2045 Indonesia menempati empat dunia dan Mesir diperkirakan menempati enam dunia," ujar Ghufron.
 
Dalam kerja sama ini, kedua negara berencana membuat pelatihan pembangunan kapasitas bersama. Pelatihan itu diharap bisa untuk mengembangkan budaya antikorupsi khususnya dalam perspektif agama Islam.
 
"Kami akan saling menyesuaikan kemampuan kapasitas masing-masing yang memungkinkan apa yang terbaik diantara kami maupun Mesir," tutur Ghufron.
 
Dalam kerja sama ini, Mesir diwakilkan Duta Besar Mesir Ashraf Sultan. Kerja sama ini masih sebatas penyampaian proposal dari Mesir ke KPK.
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif