Presiden Joko Widodo--MI/Ramdani
Presiden Joko Widodo--MI/Ramdani

Presiden Akan Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Nasional hari lahir pancasila
Damar Iradat • 27 Mei 2019 15:15
Jakarta: Presiden Joko Widodo diagendakan memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2019. Upacara ini juga bakal dilaksanakan serentak di seluruh kementerian dan lembaga di seluruh Indonesia.
 
Hal tersebut diketahui dari Surat Pengantar Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila yang dikeluarkan oleh Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) pada 13 Mei 2019. Surat nomor B116/Ka.BPIP/05/2019 itu ditandatangani oleh Pelaksana Tugas (Plt) Ketua BPIP Hariyono.
 
"Rangkaian Peringatan Hari Lahir Pancasila diawali dengan upacara secara serentak pada hari Sabtu, 1 Juni 2019 pukul 08.00 yang dipusatkan di halaman Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri dan akan dipimpin oleh Presiden RI selaku inspektur upacara," bunyi petikan surat tersebut seperti dilansir Medcom.id, Senin, 27 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam surat tersebut, BPIP mengimbau agar pada waktu yang sama upacara juga dilaksanakan di seluruh kementerian/lembaga, pemerintah daerah di seluruh Indonesia. BPIP juga mengimbau upacara dilaksanakan di perwakilan Indonesia di luar negeri.
 
Baca: Jokowi jadi Irup Peringati Hari Lahir Pancasila
 
Peringatan Hari Lahir Pancasila ini dilaksanakan dalam rangka kegiatan di Bulan Juni sebagai Bulan Pancasila. Kegiatan tersebut di antaranya dialog dan temu masyarakat/komunitas di berbagai daerah di Indonesia serta Silaturahmi Pancasila di Jakarta.
 
Agar peringatan lebih semarak, BPIP juga mengimbau agar seluruh instansi pemerintahan untuk menyelenggarakan kegiatan yang mendukung pemahaman nilai-nilai Pancasila. Selain itu, instansi pemerintahan juga diminta mempublikasi dan diseminasi semarak Peringatan Hari Lahir Pancasila.
 
Peringatan Hari Lahir Pancasila diputuskan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016. Atas hal tersebut, Hari Peringatan Pancasila ditetapkan jatuh setiap tanggal 1 Juni.
 

(YDH)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif