Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Medcom.id
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Medcom.id

Keterisian Tempat Tidur Rumah Sakit Terus Naik Usai Lebaran

Nasional Kenaikan PPh Virus Korona kemenkes rumah sakit rujukan covid-19 Idulfitri 2021
Nur Azizah • 07 Juni 2021 13:41
Jakarta: Keterisian tempat tidur di rumah sakit rujukan covid-19 terus naik usai libur lebaran. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) secara nasional mencapai 22 ribu per 18 Mei 2021.
 
"Dan sekarang sudah ada kenaikan sampai ke 31 ribu. Tapi alhamdulillah kita masih miliki cadangan tempat tidur isolasi yang cukup," kata Budi di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Senin, 7 Juni 2021.
 
Budi menyampaikan pihaknya sudah mengantisipasi lonjakan kasus covid-19 pascalebaran. Pemerintah menyiapkan 72 ribu tempat tidur yang tersebar di seluruh rumah sakit di Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita sudah menyadari dan mempersiapkan adanya peningkatan kasus pascaliburan. Kami mempersiapkan kondisi terburuk kalau misalnya semua pasien mesti masuk rumah sakit," ucap dia.
 
(Baca: Peningkatan Kasus Covid-19 Diprediksi Mencapai 50%)
 
Budi menyampaikan kenaikan kasus covid-19 akan terus terjadi hingga 7 pekan setelah libur lebaran. Kenaikan kasus diprediksi berlangsung pada akhir Juni hingga awal Juli 2021.
 
"Sementara bila dirinci per daerah memang ada beberapa daerah yang mengalami peningkatan cukup tinggi contoh Kudus dan Bangkalan," ujar dia.
 
Budi menuturkan kenaikan BOR di Kudus mencapai 7 kali lipat. Kenaikan dari sebelumnya hanya terisi 40 menjadi 350 tempat tidur.
 
"Sedangkan di Bangkalan tempat tidur tadinya terisi 10 menjadi 70 hingga 80 tempat tidur," ujar Budi.
 
Kenaikan kasus di Kudus disebabkan klaster ziarah. Sementara itu, kenaikan kasus di Bangkalan terjadi karena banyaknya pekerja migran pulang ke kawasan tersebut.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif