MGN Summit Indonesia 2021: Publick Heath-Vaccine What to Expect varian baru virus covid-19. (Foto: Ilustrasi/Unsplash.com)
MGN Summit Indonesia 2021: Publick Heath-Vaccine What to Expect varian baru virus covid-19. (Foto: Ilustrasi/Unsplash.com)

Harga Lebih Murah, Hasil Tes PCR Harus Keluar 1x24 Jam

Nasional Virus Korona covid-19 pandemi covid-19 Syarat Naik Pesawat PCR Syarat Perjalanan Udara syarat tes PCR penerbangan Harga Tes PCR
Fachri Audhia Hafiez • 27 Oktober 2021 20:15
Jakarta: Laboratorium diminta mematuhi kebijakan baru terkait harga dan aspek tes usap atau swab real time polymerase chain reaction (RT-PCR). Hasil tes PCR mesti dikeluarkan 1x24 jam sesuai dengan batas tarif yang telah ditentukan.
 
Pasalnya, terdapat laboratorium tes RT-PCR yang mengeluarkan hasil tes lebih cepat tetapi mematok harga maksimal batas tarif. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan hal itu tak terjadi lagi.
 
"Kita tidak mengizinkan dan tidak membenarkan ada harga di atas batas tarif tertinggi ini, apa pun alasannya, termasuk alasan tadi bahwa batas waktu untuk hasil pengeluaran (hasil tes) itu lebih cepat atau tidak," kata Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes Abdul Kadir dalam konferensi pers, Rabu, 27 Oktober 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Abdul menekankan kebijakan terkait tes RT-PCR terbaru sudah tegas diatur lewat Surat Edaran (SE) Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan nomor HK 02.02/1/3843/2021 tentang batas tarif tertinggi pemeriksaan RT-PCR. Beleid itu sudah berlaku per hari ini.
 
Dia menegaskan bila terdapat laboratorium yang memainkan harga akan dikenakan sanksi. Laboratorium terancam ditutup jika tak mematuhi ketentuan dalam SE tersebut.
 
"Sanksi terakhirnya bisa dengan melakukan lab dan pencabutan izin operasional," tegas Abdul.
 
Baca: Alasan Harga PCR Diturunkan Saat Ini
 
Abdul meminta Dinas Kesehatan di daerah untuk melakukan pengawasan rutin terhadap penerapan tes PCR terbaru. Sekaligus memastikan laboratorium melaksanakan kebijakan pemerintah.
 
"Kita meminta Dinas Kesehatan kabupaten atau kota untuk melakukan pembinaan dan pengawasan," ujar Abdul.
 
Kemenkes telah menetapkan tarif baru tes usap atau swab real RT-PCR. Batas tertinggi tarif tes RT-PCR menjadi Rp275 ribu untuk Pulau Jawa dan Bali. Sementara itu, Rp300 ribu untuk luar Pulau Jawa dan Bali.
 
Sebelumnya, tarif tertinggi pemeriksaan RT-PCR sebelumnya sebesar Rp495 ribu untuk pulau Jawa dan Bali. Sedangkan, harga di luar Pulau Jawa dan Bali Rp525 ribu.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif