Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol Boy Rafli Amar. Istimewa
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol Boy Rafli Amar. Istimewa

Kepala BNPT: Ramadan jadi Momentum Tingkatkan Rasa Nasionalisme

Al Abrar • 04 April 2022 22:59
Jakarta: Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol Boy Rafli Amar mengajak masyarakat menjadikan momen Ramadan untuk memupuk kecintaan kepada agama dan negara. Menurutnya kedua nilai tersebut penting dalam mempertahankan eksistensi Indonesia yang majemuk di tengah gempuran ideologi radikal terorisme. 
 
“Ramadan adalah momen tepat dalam memupuk kecintaan terhadap agama, disamping meningkatkan iman dan takwa kita juga harus memelihara semangat kecintaan terhadap bangsa dan negara ini, nasionalisme harus dipelihara sepanjang hidup dan kita harus tetap berkontribusi untuk mewujudkan Indonesia yang damai, adil sejahtera, dan bahagia,” kata Boy Rafli dalam talkshow Pemuda, Ramadan, dan Nasionalisme, Senin, 4 April 2022. 
 
Baca: BNPT Gandeng Muhammadiyah Perkuat Moderasi Beragama

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Boy Rafli berpesan agar masyarakat khususnya generasi muda selektif dalam mengonsumsi konten di dunia maya. Boy Rafli menyebut tak sedikit pemuda yang terjebak dengan konten atau narasi radikal berkedok agama dan nekat berjihad. 
 
"Fenomena itu telah terjadi di Indonesia seperti tragedi bom di Katedral Makassar dan penembakan di Mabes Polri tahun 2021 lalu," kata Boy Rafli.
 
Memasuki era bonus demografi kata Boy Rafli, generasi muda harus lebih produktif dan kritis dengan dunia yang serba digital. Boy Rafli mendorong agar generasi yang akrab dengan teknologi ini mengembangkan kemampuan literasi digitalnya, serta turut mengedukasi dan menjadi agen kontra radikalisasi di dunia maya.
 
“Literasi digital dalam pemanfaatan dunia maya harus dimanfaatkan anak muda agar tidak salah menyikapi, menerima narasi radikal, dapat memilah secara bijak informasi yang bermanfaat dan yang merugikan,” ujar Boy Rafli.
 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif