Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian/Medcom.id/Theofilus Ifan.
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian/Medcom.id/Theofilus Ifan.

Tito: Daerah Kekurangan APD

Nasional Virus Korona virus corona Alat Pelindung Diri (APD)
Antara • 08 April 2020 06:21
Jakarta: Pemerintah daerah membutuhkan bantuan menangani wabah korona (covid-19). Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyebut banyak kepala daerah melaporkan hal ini.
 
"Provinsi NTT, misalnya kekurangan 17 juta liter disinfektan berisi chlorine, sementara Sumsel butuh 250 juta masker biasa dan DIY membutuhkan 3,2 juta alat pelindung diri (APD)," kata Mendagri seperti dikutip dari Antara, Rabu, 7 April 2020.
 
Baca:Jateng Butuh 1 Juta APD

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tito memberi solusi, agar pemda menggandeng usaha mikro, kecil dan menengah untuk memenuhi kebutuhan itu. Misalnya usaha konveksi rumahan yang bisa dimobilisasi memenuhi kebutuhan masker dan APD.
 
Selain itu, pihaknya mendata perusahaan nasional dalam negeri dan kapasitas produksi mereka untuk memenuhi semua kebutuhan tersebut. Termasuk pendataan terkait kebutuhan dan ketersediaan sembilan bahan pokok di seluruh daerah.
 
Tito ingin APD dan alat penunjang lain tersedia, termasuk bahan makanan. Sehingga daerah tak kewalahan menanggulangi dampak Covid-19. Tito mengamanatkan kepala daerah membangun komunikasi dengan asosiasi perusahaan.
 
"Dengan membangun komunikasi dan tukar-menukar data antara asosiasi perusahaan dan pemerintah daerah, di atas mekanisme permintaan dan penawaran (supply and demand), kami berharap kita dapat mengerahkan semua kekuatan kita untuk mengatasi masalah penanggulangan COVID-19 ini," ujar Mendagri.
 
Menurut dia, sinergi antara pemerintah dan dengan dunia usaha dapat menjadi solusi pemenuhan kebutuhan. Koordinasi kedua elemen harus dilakukan rutin.
 
"Agar sinergi dan kesatuan gerak langkah antara pemerintah, khususnya kabupaten/kota dan dunia usaha untuk bersatu menghadapi covid-19," ujar Tito.
 

(ADN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif