Sekretaris Badan Geologi Antonius Ratdomopurbo Foto Medcom.id Cindy
Sekretaris Badan Geologi Antonius Ratdomopurbo Foto Medcom.id Cindy

BMKG Diminta Pasang Pendeteksi Longsor Anak Krakatau

Nasional Gunung Anak Krakatau Tsunami di Selat Sunda
Cindy • 27 Desember 2018 16:08
Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) disarankan memasang alat pendeteksi longsor di Pulau Panjang, Banten. Alat tersebut bisa mendeteksi longsor Gunung Anak Krakatau yang dapat berujung tsunami.
 
Sekretaris Badan Geologi Antonius Ratdomopurbo mengatakan, aktivitas vulkanik Gunung Anak Krakatau bukan penyebab tsunami Selat Sunda pada 22 Desember lalu.
 
Letusan strombolian (lontaran lava pijar) Gunung Anak Krakatau juga tidak menyebabkan tsunami secara langsung. Sebab, magma yang bersentuhan dengan air berubah menjadi permukaan.
 
"Tsunami itu (biasanya) disebabkan ada volume besar masuk ke dalam air," kata Purbo di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jakarta Pusat, Kamis, 27 Desember 2018.
 
Purbo mengungkapkan, yang perlu diwaspadai adalah longsor yang disebabkan oleh produksi magma terus menerus. Ketimpangan tersebut mampu memicu longsor.
 
"Longsor bisa terjadi di Gunung Anak Krakatau. Dia (longsor) ke sebelah barat (arah yang curam), padahal magma jatuh di tempat berbeda (arah tenggara)," kata Purbo.
 
Pihaknya telah menyarankan BMKG memasang alat pendeteksi longsor di Pulau Panjang, Banten. Alat itu bisa mendeteksi lebih dini efek dari longsor tersebut.
 
"Kita sudah sarankan BMKG pasang di Pulau Panjang. Karena paling dulu kena dampak dan paling dekat dengan Gunung Anak Krakatau," ujar Purbo.

Baca: Pelajaran dari Tsunami Selat Sunda

Status Gunung Anak Krakatau naik menjadi siaga level III sejak pukul 06.00 WIB. Radius aman bergeser dari 2 kilometer menjadi 5 kilometer.
 
Masyarakat diimbau berada pada jarak aman dan menggunakan masker jika terjadi hujan abu vulkanik, utamanya di Banten dan Lampung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?




(FZN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi